Murid SLB Lumajang Juara Dua Nasional

Dalam Ajang FLS2N Desain Grafis Anak Berkebutuhan Khusus

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Keterbatasan Ferdy Kurniawan Putra sebagai siswa tunarungu bukan sebuah hambatan. Siswa kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Tompokersan tersebut cakap meliarkan imajinasinya dalam desain grafis. Tak ayal, hasil desainnya tersebut mengantarkannya menjadi juara dua tingkat nasional.

Dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat nasional tahun 2021, Ferdy, sapaan akrabnya, bersaing dengan 33 siswa terbaik lainnya. Berkat semangat, tekad, dan konsistensi belajarnya, dia mengharumkan nama Lumajang. Bermodalkan laptop pinjaman dari sekolah, dia membuktikan kemampuannya.

“Persiapan yang dilakukan cukup banyak. Setiap dua hari sekali, Ferdy dan guru ahli terus latihan di sekolah. Kami juga mengajak lulusan SLB yang pernah juara untuk memberi motivasi dan semangat. Untuk menunjang kreativitasnya dalam desain grafis, kami meminjamkan laptop sekolah sebagai sarana belajar di rumah,” kata Sri Aminah, Wakil Kepala SLBN Tompokersan, Lumajang.

Sri menjelaskan, pembauran siswa dengan guru selama berlatih menjadi salah satu kunci keberhasilan tersebut. Sebab, awalnya Ferdy merasa malu. Namun, dukungan dari teman, guru, dan lingkungan sekitar mengantarkannya meraih juara. “Memang dia suka menggambar, meskipun masih mencontoh. Akhirnya, hasilnya menyesuaikan. Sempat ada perbaikan gambar saat diperiksa provinsi. Setelah hasilnya sesuai, baru dikirim ke nasional,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, saat perlombaan berlangsung, Ferdy tidak dibantu siapa pun. Sebab, dia berada dalam satu ruangan dengan empat kamera yang merekamnya. Keempatnya terletak di depan dan belakang Ferdy. Sementara, dua lainnya di sebelah kanan dan kirinya. Karena itu, hasil desainnya murni buatannya.