Ribuan Wisatawan Kunjungi Gunung Gambir 

TAWARKAN KEINDAHAN KEBUN TEH: Wisata Agro Rengganis (WAR) Kebun Teh Gunung Gambir menjadi salah satu opsi destinasi berlibur di momen Nataru 2020 ini.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Wisata Agro Rengganis (WAR) Gunung Gambir menjadi jujukan wisatawan di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Gambir di momen liburan kali ini mencapai ribuan.

IKLAN

Jember menawarkan berbagai destinasi wisata alam. Mulai dari pantai, air terjun, sampai kebun teh. Tak perlu jauh-jauh ke Malang atau Puncak Bogor, kalau hanya ingin menikmati pemandangan hijau nan segar kebun teh. Kebun teh Gunung Gambir sudah bisa memanjakan mata, dengan menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan teh yang masih alami. Wisata Agro Rengganis (WAR) Kebun Teh Gunung Gambir ini berada di Kecamatan Sumberbaru, Desa Gelang.

Wisata di lereng pegunungan Argopuro ini memiliki ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas perkebunannya mencapai 183 hektare. “Kebun teh ini sudah ditanami sejak 1993 silam,” tutur Heru Santoso, Manajer Kebun Gunung Gambir PTPN XII.

Menurut Heru, rata-rata pengunjung di hari-hari biasa hanya berkisar 50 sampai 100 orang saja. “Kalau akhir pekan bisa mencapai 1.000 orang,” imbuh Heru kepada Jawa Pos Radar Jember.

Namun, di momen libur Nataru kali ini, peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kebun teh yang memiliki cerita rakyat Dewi Rengganis ini meningkat. “Tanggal 24 dan 25 Desember kemarin mencapai 3.651 orang,” beber Heru.

Dengan perincian, tanggal 24 Desember sebanyak 1.519 wisatawan, sedangkan tanggal 25 meningkat lagi mencapai 2.132 wisatawan. Apalagi, akses menuju lokasi destinasi tersebut sekarang sudah mulai mulus jalannya. Sebab, dua bulan lalu, masih dilaksanakan pengaspalan jalan hotmix. Sebab, hanya ada satu akses jalan saja menuju destinasi Gunung Gambir ini. “Iya, sudah selesai pengerjaannya jalan aspal hotmix-nya,” kata Heru.

Untuk daftar harga tiket di wisata ini cukup terjangkau. Tiket masuk per orang hanya Rp 6.000, parkir sepeda motor Rp 3.000, dan untuk mobil Rp 5.000. Selain wisata kebun teh, di lokasi yang sama pengunjung juga bisa menikmati wisata lainnya. Ada Air Terjun Rengganis, kolam renang Dewi Rengganis, Pancuran Drajat, hingga homestay bagi pengunjung yang ingin menginap. “Kebun teh ini mulai viral di media sosial tahun 2017 lalu. Spot-spot foto selfie di kebun teh ini sudah kami bangun juga tahun 2017,” pungkas Heru.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono