Maklumat KH Nawawi Abdul Jalil dan Putra Mbah Hamid: Pilih Gus Ipul-Puti

JEMBER – Ulama sepuh yang juga pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, KH Nawawi Abdul Jalil, memohon doa restu seluruh warga Jawa Timur untuk kemenangan calon gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan cawagub Puti Guntur Soekarno dalam Pilkada Jawa Timur, Rabu 27 Juni 2018.

IKLAN

Bahkan, di sejumlah media sosial dan grup-grup perpesanan WhatsApp, telah viral beredar maklumat Kiai Nawawi yang ditujukan kepada seluruh alumnus, santri, dan simpatisan Ponpes Sidogiri.

Pondok Pesantren Sidogiri didirikan pada 1745 oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban yang merupakan keturunan Syekh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati),

Berikut isi lengkap maklumat yang ditulis dengan huruf Arab tersebut:

Kepada yang terhormat alumni, santri, dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri,

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Dengan ini kami mengimbau kepada seluruh alumni, santri, dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri untuk memilih, mencoblos, serta membantu pemenangan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti dalam Pilgub Jatim 2018.

Demikian harap diperhatikan.

Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

TTD,

Kiai Nawawi Abdul Jalil.

Selain Kiai Nawawi, Pengasuh Ponpes Salafiyah Pasuruan KH Idris Hamid juga memohon restu masyarakat untuk mendukung Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno

”Memperhatikan hasil Istikharah dan ijtihad ulama, dengan ini saya mengimbau kepada alumni, santri, dan simpatisan Pesantren Salafiyah untuk turut memilih dan memenangkan pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim 2018,” kata Kiai Idris Hamid.

Kiai Idris adalah putra dari almarhum KH Abdul Hamid, atau Mbah Hamid, ulama Pasuruan yang kewaliannya telah diakui masyarakat luas.

Menanggapi kedua maklumat itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Jember Tabrani memperkirakan, kandidat nomor 2 Pilkada Jawa Timur, calon gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno bakal banjir suara dukungan pada hari-H pencoblosan, Rabu 27 Januari 2018.

Melalui aplikasi social messenger WhatsApp, Tabrani mendapatkan pesan viral maklumat ulama dari Pasuruan itu. “Dampak suara dukungan bagi Gus Ipul-Mbak Puti pasti sangat besar. Sebab, di Jember dan kawasan Tapal Kuda ini banyak alumni dan santri Sidogiri dan Kiai Idris Hamid dari Pasuruan,” kata Tabrani.

Ketua DPC PDI Perjuangan Lumajang Agus Wicaksono memperkirakan penyebaran dua pesan dari Kiai Nawawi dan Kiai Idris Hamid itu akan semakin gencar ketika Lebaran Idul Fitri nanti.

“Pasti akan makin meluas lagi pesan tersebut, apalagi di kawasan Tapal Kuda ini. Pada momen Lebaran, warga pada mudik dan saling bertemu satu sama lain, serta saling bertukar informasi. Mereka pasti akan menyampaikan perintah para ulama tersebut,” kata Agus. (kl/mgc/)

Reporter :

Fotografer :

Editor :