Rekap Sementara Situng KPU Salwa Bahtiar Unggul

Sholikhul Huda/Radar Ijen SALING KLAIM: Tim pasangan calon saling merilis hasil penghitungan internal, kemarin. Keduanya sama-sama mengklaim kemenangan meski mengimbau untuk menunggu hasil penghitungan dari KPU.

BONDOWOSO – Saling klaim kemenangan terus mewarnai hasil pemilihan kepala daerah di Bondowoso. Kubu pasangan calon nomor 1 KH Salwa Arifin – Irwan Bahtiar (Sabar) mengklaim pihaknya unggul. Pun dengan kubu pasangan calon nomor 2 Ahmad Dhafir – Hidayat. Kubu Dhafir mengklaim unggul tipis dibanding rivalnya itu.

IKLAN

Tim pasangan Salwa Bahtiar bahkan sudah merilis hasil akhir rekapan internalnya dini hari sekitar pukul 01.00, kemarin. Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI-P merilis data bahwa pasangan calon yang diusungnya itu unggul dengan perolehan suara 52,03 persen atau 228.484 suara. Sedangkan Dhafir-Dayat memperoleh disebut meraih 47,91 persen dengan perolehan suara 210.634. Hasil itu dihitung dari surat suara sah sebanyak 439.118 suara. “Data yang masuk sudah 99,6 persen. Sebenarnya kami sudah menghitung sampai seratus persen, namun hasilnya tidak jauh beda dengan data tersebut,” ujar Joni Adi Putra, Sekretaris BSPN PDI-P.

Dijelaskan, hasil penghitungan itu berasal dari C1 yang dikumpulkan saksi di TPS. Hasil ini juga sudah dirilis kepada seluruh pendukung oleh Ketua Tim Pemenangan Sabar KH Hasan Abdul Muiz. Dengan hasil tersebut, seluruh tim Sabar yakin memenangi pilkada. “Namun tetap kami masih menunggu hasil resmi dari KPU, sambil terus mengawal suara,” tegasnya.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh pendukung untuk bersabar menunggu hasil resmi diumumkan KPUD Bondowoso. Sembari menunggu, pihaknya akan mengadakan tasyakuran. Setelah penghitungan di tingkat PPK hari ini (29/6), tim Sabar akan melakukan tasyakuran.

Sebelum penghitungan di tingkat PPK dilakukan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh tim dan relawan untuk tetap menjaga perolehan suara masing-masing kecamatan. Sehingga, tim dan relawan benar-benar mengawal jalannya penghitungan di tingkat kecamatan. “Seluruh tim dan relawan agar tetap menjaga perolehan suara di masing-masing kecamatan,” tegasnya.

Sementara tim pemenangan Dhafir-Dayat, kemarin juga merilis data kemenangan. Tim pemenangan Dhafir-Dayat merilis hasil penghitungan C1 internal, sekitar pukul 15.00 sore kemarin. Mereka merilis 100 persen hasil penghitungan C1 versi PKB.

Ketua Tim Pemenangan Dhafir-Dayat, Tohari mengatakan, pihaknya sudah menghitung jumlah dukungan berdasarkan penghitungan C1. Hasilnya, paslon 2 Dhafir-Dayat menang tipis dengan persentase 50,4 persen. Sedangkan paslon 1 Salwa-Bachtiar (Sabar) hanya memperoleh 49,6 persen suara. “Kami menghitung C1 yang telah kami kumpulkan dari seluruh kabupaten,” ujarnya.

Dengan hasil tersebut, Tohari meminta kepada masyarakat Bondowoso untuk tetap tenang. Sebab, saat ini banyak beredar perbedaan hasil hitung yang dilakukan masing-masing tim pemenangan. Selain itu, banyak beredarnya berbagai hasil hitung yang tidak diketahui sumbernya. “Kami berharap masyarakat mengikuti tahapan-tahapan pilkada, utamanya terkait penghitungan suara. Sebab, di tingkat PPK masih dimulai penghitungan besok,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak melakukan klaim kemenangan. Sebab, siapa yang menang, masih akan diketahui secara sah setelah penghitungan yang akan dilakukan KPUD Bondowoso.

Dijelaskan, data yang dirilis tim pemenangan Dhafir-Dayat adalah real count dari C1 dari 1.500 TPS. Artinya, sudah 100 persen. Pihaknya mengklaim data itu valid karena diambil dari C1 yang diserahkan saksi yang telah disebar di 1.500 TPS. Namun demikian, walau pun hasilnya pasangan Dhafir-Dayat unggul hingga di angka 221.076 dan pasangan Sabar memperoleh suara 217.602, pihaknya tidak buru-buru menyatakan menang. “Karena lembaga yang memiliki mandat untuk menyatakan hasil kemenangan dalam pilkada hanyalah KPU,” tegasnya.

Sementara itu, dari hasil Sistem Informasi Hitungan (Situng) KPU Bondowoso, hingga pukul 17.28 kemarin, diperoleh data masuk sudah 62,73 persen. Data itu berasal dari 941 dari total 1500 TPS di Bondowoso. Hasilnya, sementara pasangan calon nomor 1 Salwa – Bahtiar memperoleh 145.443 suara atau 52,79 persen. Sedangkan pasangan calon nomor 2 Dhafir – Dayat memperoleh 130.393 suara atau 47,21 persen.

Ketua KPU Bondowoso Hairul Anam mengatakan, Situng merupakan sarana transparansi. Namun demikian, pihaknya tak boleh berkomentar apa pun terkait hasil Situng. Dikatakan, Situng tersebut terintegrasi dengan KPU RI. Untuk hasilnya, KPUD Bondowoso akan melakukan penghitungan resmi dan akan melakukan penetapan. “Pada tahap penetapan itulah, masyarakat bisa melihat hasil pilkada resmi,’’ tegasnya. (hud/mgc/ras)

Reporter :

Fotografer :

Editor :