Kepala Kemenag: Jangan Bawa Rokok Sekoper, Ini Hajian Bukan Jualan

PEMBEKALAN: Pengarahan Kepala Kemenag Lumajang kepada calon jamaah haji

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – H Muhammad SSos, Kepala Kemenag Lumajang, memberi banyak arahan pada calon jamaah. Sebab, sebelumnya menyindir ada jamaah yang membawa rokok satu koper. Diingatkan bahwa niatnya adalah ibadah.bukan dagangan atau bisnis.

IKLAN

Kepala Kemenag Lumajang hampir setengah jam memberikan arahan pada sebanyak 1.126 calon jamaah haji Lumajang. Banyak arahannya yang membuat jamaah ngakak-ngakak dengan guyonan dan candannya.

Terutama pada barang bawaan jamaah. Sudah seharusnya hanya membawa barang kebutuhannya saja. Sebab, di hajian tahun lalu, ada yang aneh-aneh. “Ada yang bawa barang-barang aneh di kopernya. Jangan begitu lah,” ucapnya.

Dia mengingatkan, jangan meniru yang tidak baik. Seperti membawa rokok berlebihan. “Jangan bawa rokok berlebihan, masak rokok satu koper dibawa kayak hajian lalu. Ini niat haji apa jualan rokok he.. he.. he..,” ucapnya yang bikin ribuan jamaah terpingkal-pingkal.

Pun juga dengan perhiasan. “Emas-emasan juga jangan berlebihan. Dimanapun berada, jangan dilepas tanda pengenalnya. Barang yang dibawa jangan sembarangan,” ungkapnya.

Muhammad menegaskan, jamaah yang berangkat kali ini adalah orang-orang pilihan dan insyaAllah diridhoi Allah SWT. Sebab, ada yang niat berangkat dengan segala cara tapi gagal. “Ada yang mau berangkat dengan cara-cara tidak terhormat, tapi Allah tidak mengizinkan, akhirnya gagal. Bentunglah di hadapan saya ini adalah jamaah dari orang – orang yang diridhoi Allah,” ujarnya.(*)

Reporter: hafid asnan
Fotografer: hafid asnan
Editor:  winardi nawa putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :