Sidak Makanan, Temukan Makanan Kedaluwarsa

Ulum For Radar Jember SIDAK MAMIN: Muspika Kencong melakukan sidak makanan menjelang Lebaran di salah satu swalayan. Di sini ditemukan makanan yang sudah kedaluwarsa.

KENCONG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Muspika Kencong melakukan sidak mamin (makanan dan minuman) di beberapa pertokoan yang berada di Kencong. Dalam sidak tersebut, tim gabungan dari Muspika Kencong bersama tim kesehatan menemukan makanan di salah satu swalayan terbesar di Jalan Krakatau Kencong sudah kedaluwarsa.

IKLAN

Makanan berupa keju kemasan itu sudah habis masa berlakunya pada tanggal 3 Juni 2018. Karena sudah lewat, maka tim gabungan dari muspika meminta petugas swalayan menarik dan memindahkan barang tersebut.

Tidak hanya itu, sidak yang dilakukan muspika juga mengarah ke toko kelontong di milik Mamik, warga Ponjen Kidul. Di toko tersebut, petugas menemukan produk jenis minuman yang sudah sangat kedaluwarsa, karena telah habis masa berlakunya sejak tahun 2016, namun masih dijual.

Dari hasil temuan itulah, akhirnya beberapa produk diamankan oleh Polsek kencong. ”Pemilik mengaku tidak tahu jika makanan dan jenis minuman yang dijual itu sudah habis masa berlakunya. Dengan alasan karena tokonya ramai pembeli, sehingga tidak sempat mengecek,” ujar AKP Saidi, Kapolsek Kencong.

Sementara Lolok Rita Magdalena dari Puskesmas Kencong yang menjabat sebagai Promkes, (Promosi kesehatan) kepada wartawan mengatakan, dalam sidak hari itu pihaknya menyasar beberapa mal, waralaba, dan toko kelontong di kecamatan Kencong. ”Hasilnya, ada temuan beberapa produk, dan kami sebagai barometer kesehatan memberikan imbauan dan teguran secara langsung,” tegasnya.

Camat Kencong Susmiadi juga mengatakan, sidak tersebut memang harus sering dilakukan. Pasalnya, sebentar lagi menjelang Lebaran. Dikhawatirkan warga tidak teliti ketika membeli produk makanan dan minuman tersebut.

Susmiadi menambahkan, dikhawatirkan terjadi keracunan makanan seperti yang beberapa waktu lalu terjadi di Kecamatan Kencong. “Saya mengimbau kepada masyarakat Jember, khususnya Kencong, agar hati-hati membeli produk dan harus di teliti tanggal kedaluwarsanya,” pungkasnya. (jum/mg-4/mgc/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :