Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

Layanan Gratis di Yankes se-Indonesia

JEMBER – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kemarin (6/6) meluncurkan program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan. Dimana peserta jaminan kesehatan nasional dan kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) diharapkan tidak khawatir saat mudik lebaran 2018 ini. Karena mulai H-8 hingga H+8 tetap mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
“Masyarakat pemilik kartu JKN-KIS yang hendak mudik mendapatkan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan dimanapun, meskipun tidak terdaftar di faskes tersebut,” tegas Tanya Rahayu, Kepala BPJS Kesehatan Jember kemarin. Pihaknya menuturkan jika faskes yang didatangi peserta JKN-KIS tidak diperkenankan untuk menarik biaya tambahan.
Bahkan, ini juga berlaku bagi faskes non puskesmas yakni klinik pratama dan dokter praktek perorangan yang tetap membuka layanan kesehatan. “Jika peserta membutuhkan pelayanan di luar jam layanan FKTP, maka peserta dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar,” tegasnya.

IKLAN

 

Rangga Mahardika/Radar Jember
PERSIAPAN LEBARAN : BPJS Kesehatan saat meluncurkan program memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan selama libur lebaran nanti.

Untuk keadaan kegawat daruratan, maka seluruh faskes baik tingkat pertama dan lanjutan wajib memberikan penanganan kepada peserta JKN-KIS. “Peserta pun harus mengikuti prosedur dan ketentuan serta tindakan medis berdasarkan indikasi medis yang jelas,” terangnya. Oleh karena itu, pihaknya pun menghimbau kepada peserta JKN-KIS untuk selalu membawa kartu JKN-KIS saat mudik nantinya.

Tanya Rahayu, Kepala BPJS Kesehatan Jember

Yang perlu ditegaskan, pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang kartunya masih aktif.  “Makanya peserta harus memastikan membayar aktif iuran agar kepesertaannya selalu aktif,” tuturnya. Bahkan pihaknya memberikan kemudahan untuk mengecek iuran peserta dengan aplikasi Mobile JKN. Di aplikasi itu, juga dapat dilihat faskes terdekat yang bisa dikunjungi oleh peserta JKN selama mudik.


Bagi peserta JKN-KIS penderita penyakit kronis, pengambilan obat dapat diambil lebih awal jika jadwal pengambilan obat penyakit kronis Peserta JKN-KIS jatuh pada masa libur lebaran. Obat penyakit kronis bagi diberikan maksimum untuk 30 hari sesuai indikasi medis dan mengacu pada Formularium Nasional berikut dengan ketentuannya.
untuk kelancaran ini, pihak BPJS Kesehatan juga meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa didapat di Play Store untuk android. “Di sana ada telepon penting, alamat kantor BPJS, faskes mitra, Tanya jawab dan info BPJS, tips kesehatan. Juga ada lokasi-lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan. Termasuk diantaranya lokasi public area (Pom Bensin, ATM, Bengkel, Masjid, Restoran, Kantor Polisi.
“Selama lebaran juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam, termasuk minggu dan hari libur,” jelasnya. Disini bisa melakukan konsultasi kesehatan, pengaduan, pelayanan administrasi JKN-KIS mulai mutasi dan aktifasi, pendaftaran peserta dan pendaftaran bayi baru lahir dan mengetahui denda pelayanan.
“Kalau perlu, Kantor Cabang BPJS Kesehatan akan tetap beroperasi pada 11-14 dan 18-20 Juni 2018 mulai pukul 08.00-12.00 WIB,” pungkasnya. (kl/ram)

Reporter :

Fotografer :

Editor :