Evaluasi Permainan Individu Atlet

BANYAK EVALUASI: Aksi atlet asal Jember, Febriana Dwipuji Kusuma, ketika berlaga di turnamen internal Pelatnas PBSI, beberapa waktu lalu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pebulu tangkis putri asal Jember, Febriana Dwipuji Kusuma, mengambil pelajaran berharga dalam turnamen internal Pelatnas PBSI, beberapa waktu lalu. Atlet ganda putri ini menelan dua kali kekalahan dari lawan yang sama.

IKLAN

Berpasangan dengan Amalia Cahaya Putri, mereka harus takluk melawan sesama sahabatnya sendiri, yakni Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pada pertandingan perdana Kamis (16/7) lalu, di lapangan Pelatnas Cipayung Jakarta, Febriana/Amalia kalah dalam straight game penyisihan grup 1 ganda putri dengan skor 21-23 dan 13-21

Kemudian dalam pertandingan kedua yang berlangsung sore harinya, pasangan Ribka/Fadia kembali mengalahkan Febriana/Amalia dengan straight game dengan skor 21-11 dan 21-19. Partai tersebut merupakan ulangan penyisihan grup 1 laga pagi hari. “Lawan memegang kendali di game kedua. Dan kami sulit mengembalikan permainan mereka,” kata Febriana usai pertandingan.

Setelah turnamen internal selesai, pebulu tangkis yang pernah menjuarai World Junior Championship 2019 ini memetik banyak evaluasi. Dirinya menganggap wajib meningkatkan teknik permainannya. Baik menyerang ataupun saat defense. Selain itu, dapat menjaga tempo permainan dan membaca permainan lawan. “Mungkin evaluasi dari saya fokus poin demi poin saja,” ungkap perempuan yang akrab disapa Ana ini.

Ana juga menambahkan, dirinya tak ingin berlarut-larut dalam hasil kurang bagus tersebut. Sebab, beberapa agenda kejuaraan lainnya pun sudah menanti di depan mata. “Selain itu, saya harus lebih menguatkan lagi untuk permainan individu,” ucap dia.

Sementara itu, setelah sukses menggelar turnamen internal bagi para atlet pelatnas, PBSI pusat pun wacananya bakal menggelar kejuaraan serupa. Kali ini dengan format beregu piala Thomas dan Uber. Persiapan atlet di turnamen beregu itu pun memang berbeda dengan turnamen perorangan. Dalam turnamen beregu, para atlet perlu memperkuat kekompakan, rasa percaya diri satu sama lain, team work, dan sebagainya.

Rencananya, simulasi Piala Thomas dan Uber akan dilangsungkan di Pelatnas Cipayung Jakarta pada awal September mendatang. Nantinya para pemain akan dikelompokkan ke dalam beberapa grup dengan menggunakan format setengah kompetisi.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Istimewa