Protokol Kesehatan untuk Latihan

AGENDAKAN LATIHAN BERSAMA: Salah satu petenis muda Jember saat latihan sebelum pandemi Covid-19. Pengkab Pelti Jember berencana menggagas protokol kesehatan untuk diterapkan pada sesi latihan bersama, awal Juni mendatang.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pengkab Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) Jember bersiap untuk tetap memperhatikan latihan bagi para atletnya. Sejak memasuki masa pandemi Covid-19 dua bulan lalu, petenis muda Jember memang masih menjalani latihan. Namun, latihan ini dilakukan secara mandiri, belum bersama-sama dengan tim.

IKLAN

Rata-rata atlet tenis muda tersebut berlatih sendiri bersama atlet senior lainnya. Hal itu dibenarkan oleh Ketua Umum Pengkab Pelti Jember Soetriono. “Kalau secara tim masih belum latihan bersama, tapi mereka latihan mandiri bersama senior-seniornya,” tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya masih melihat kondisi pandemi di Jember ke depannya. Selain itu, merencanakan program latihan di tengah pandemi virus korona. Dirinya memprediksi kemungkinan sesi latihan bersama akan dimulai awal Juni mendatang. “Sementara ini kami masih memikirkan protokol kesehatan untuk pertandingan ataupun latihan bersama nantinya,” bebernya.

Dia pun mencontohkan, kalau latihan bersama tentu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari bola tenis yang dibawa atlet masing-masing harus berbeda. Para atlet, ofisial, ataupun pelatih yang memasuki lapangan pun wajib dalam kondisi sehat. “Bolanya pun tidak boleh ganti-ganti. Minimal empat bola untuk pemain single, dan delapan bola untuk pemain double,” imbuhnya.

Soetriono menambahkan, para pemain disarankan memakai sarung tangan untuk memegang bola. Selain itu, tempat duduk atlet pun harus berseberangan. Juga untuk para penonton yang ingin melihat wajib memakai masker dan berjarak dua meter. “Itu semua masih orientasi,” pungkasnya.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Muchammad Ainul Budi