Dicari, Manajer Yang Top untuk Persid

Pendaftaran Liga 3 2020 Sudah Dibuka

HARUS PUNYA MANAJER JEMPOLAN: Pemain Persid Jember (jersey putih) duel ketat dengan pemain lawan, dalam salah satu pertandingan kandang Liga 3 2019 lalu di JSG. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Musim lalu perjalanan Persid Jember masih saja carut marut. Tunggakan gaji sampai nihilnya prestasi masih saja membayangi Iwan Sampurno cs. Apalagi, sosok manajer dibalik skuad Persid seakan kosong. Nama Soebandi, manajer yang digadang-gadang membawa angin segar Persid tahun lalu, nyatanya hanya pepesan kosong.

IKLAN

Dari delapan pertandingan fase grup Persid, Soebandi sama sekali tak hadir di pinggir lapangan. Nyaris, semua dihandle oleh Sunardi, ketua Yayasan Persid Jember (YPJ). Kondisi finansial Persid pun kelimpungan. Empat bulan gaji ofisial, pelatih dan penggawa Persid tertunggak. Dari delapan pertandingan itu, Jerry Rivan dkk bermain tanpa mendapatkan hak mereka sebagai pemain. Padahal, peluang mereka untuk lolos dari fase grup kala itu terbuka lebar.

Tetapi, sayang, akhirnya mereka harus finish di peringkat ketiga dan tak lolos ke babak selanjutnya. Kini, memasuki kompetisi baru, Persid masih saja adem ayem.

Tentu, manajer menjadi sosok penting di balik kesuksesan sebuah klub. Menurut Sunardi, di musim ini pihaknya tentu bakal mencari sosok manajer baru. Pria yang juga menjadi anggota DPRD Jember ini berujar, bahwa siapa saja boleh mencalonkan diri menjadi manajer Persid.

“Siapapun nama-nama manajer yang direkomendasikan teman-teman monggo diajukan. Yang sekiranya layak, akan kami beritahukan nanti. Kami akan umumkan siapa yang menjadi manajer,” beber Sunardi.

Disinggung mengenai pendanaan, Persid masih saja bergantung pada pendanaan dari Pemkab Jember. “Kami sudah ajukan pendanaan ke bupati. Itu menjadi tumpuan kami ke depan soal finansial,” imbuhnya.

Sementara itu, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur sudah mulai membuka pendafraran kompetisi amatir Liga 3 2020. Sesuai surat edaran kepada masing-masing klub se-Jawa Timur nomor 045/B/PSSI-Jatim/1/2020 tanggal 21 Januari lalu. Perihal pendaftaran Liga 3 zona Jatim.

Batas akhir pendaftaran tersebut ditutup pada tanggal 10 Maret 2020 mendatang. Namun, pihak Asprov belum menentukan jadwal kick off zona Jatim. Asprov masih menunggu jadwal dari PSSI Pusat.

Menurut Amir Burhanuddin, sekretaris Asprov PSSI Jatim, pihaknya terlebih dahulu membuka pendaftaran tersebut bukan tanpa alasan. Sembari menunggu jadwal resmi, klub-klub Jatim dapat bersiap sedini mungkin guna persiapan tim. “Jatim sudah mengawali dulu untuk pendaftaran. Karena sekarang sudah Januari, kemudian bulan April sudah jatuh bulan Ramadhan. Jadi lebih baik klub-klub Jatim bersiap dulu,” ujar pria yang kerap disapa Amir ini.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono