Anthony Sinisuka Ginting merayakan kemenangannya atas pemain nomor satu dunia Kento Momota untuk melangkah ke semifinal French Open 2019. (PP PBSI )

JawaPos.com-Luar biasa Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra nomor nomor delapan dunia tersebut mengalahkan pemain nomor satu dunia Kento Momota untuk melaju ke semifinal French Open 2019.

IKLAN

Dalam laga perempat final di Stade Pierre de Coubertin, Paris malam ini (25/10), Ginting mengalahkan Momota dalam dua game langsung 21-10, 21-19.

Kemenangan ini sangat membahagiakan. Pertama, Ginting mengalahkan juara dunia dua tahun belakangan, pemain nomor satu dunia, dan tunggal putra paling dominan sejagat saat ini.

Kedua Ginting memutus rekor Momota yang selalu menjadi juara dalam lima turnamen terakhir. Dan yang ketiga, Ginting akhirnya menang lagi setelah enam duel sebelumnya selalu keok melawan pemain Jepang berusia 25 tahun tersebut.

Ginting memperkecil kedudukan dalam rekor head-to-head menjadi 4-10. ’’Saya bersyukur hari ini bisa memenangkan pertandingan. Dari awal saya coba untuk memegang jalannya pertandingan. Strategi yang saya rancang dari awal juga berhasil saya lakukan di lapangan. Selain itu saya rasa Momota juga terlihat capek. Setelah juara di Denmark Open, di sini juga dia mainnya ketat terus dari babak pertama,” kata Ginting dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

Ginting membuka game pertama dengan kemenangan telak 21-10. Pada awal game kedua, pemain 23 tahun itu juga unggul 4-0 lalu 6-1 dari Momota.

Momota ternyata masih punya api. Secara perlahan dia mendekati poin Ginting hingga posisi imbang 9-9. Bahkan Ginting sempat tertinggal 14-17. Tetapi, pada akhirnya, pemain asal klub SGS PLN Bandung tersebut berhasil meraih momentum lagi dan memungkasi laga dengan kemenangan 21-19 pada game kedua.

’’Lawan Momota selalu tidak mudah. Di lapangan Momota bisa menyembunyikan rasa capeknya dan mengatur strategi untuk mengatasi hal tersebut,” ujar Ginting.

Di babak semifinal, Ginting akan berhadapan dengan peraih emas Olimpiade Rio 2016 Chen Long. Pemain Tiongkok itu mengalahkan tunggal Indonesia Shesar Hiren Rhustavito dengan skor 21-19, 21-12.

’’Saya harus mempersiapkan fisik dan fokusnya lagi, supaya besok bisa lebih baik. Karena makin ke sini lawannya makin berat. Sebisa mungkin jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah saya capai sampai semifinal ini,” ungkap Ginting.

Indonesia juga meloloskan Jonatan Christie ke semfiinal. Dalam laga superketat, Jojo, begitu dia biasa dipanggil, menekuk unggulan keempat asal Denmark Anders Antonsen dengan skor 17-21, 21-19, dan 21-16.

Inilah untuk kali pertama dalam era superseries, ada dua tunggal putra Indonesia yang mencapai semifinal French Open.

Editor : Ainur Rohman