Belum Mentas dari Kompetisi Amatir

Persid Daftar Liga 3 Musim Ini

PASTIKAN IKUT KOMPETISI: Gelandang serang Persid Jember musim lalu, Bayu Mahardhika, berusaha menguasai bola dalam pertandingan kandang Persid Liga 3 tahun lalu di Stadion JSG.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) baru saja menggelar kongres tahunan, Sabtu (22/2) lalu, di salah satu hotel di Sidoarjo. Seluruh perwakilan klub Liga 3 Jatim wajib menghadiri kongres tersebut. Termasuk perwakilan dari Persid Jember.

IKLAN

Perwakilan tim Persid dihadiri oleh Sunardi, Ketua Yayasan Persid Jember (YPJ), dan Syaiful, sekretaris tim tahun lalu. Hasil dalam kongres tersebut, Asprov PSSI Jatim tetap akan menggelar beberapa turnamen usia dini dan kompetisi amatir atau Liga 3. Turnamen usia dini, seperti Piala Soeratin U-17.

Sesuai keputusan kongres kemarin, kick off Liga 3 rencananya dimulai pada 6 Juni mendatang. Hanya saja, opening ceremony masih belum ditentukan lebih lanjut. Selain keputusan mengenai jadwal kick off Liga 3 dan pendaftaran tim, pada 2021 mendatang Asprov juga akan mengadakan pemilihan calon ketua umum baru yang bakal menggantikan Achmad Riyadh, Ketua Umum PSSI periode saat ini.

Asprov PSSI Jatim selaku operator kompetisi Liga 3 zona Jatim, juga sudah membuka pendaftaran tim. Pendaftaran tersebut ditutup pada 10 Maret mendatang. Hingga saat ini, masih sekitar 30 tim yang dipastikan ikut Liga 3 2020. “Rencana Liga 3 berakhir pada Oktober nanti. Untuk anggota Liga 3 saat ini 86 klub. Nanti ada tahap verifikasi lagi,” ujar Amir Burhanuddin, Sekretaris Asprov PSSI Jatim.

Sementara itu, Persid Jember tetap bakal berlaga kembali di kompetisi amatir tahun ini. “Kemarin kami sudah mendaftar. Kami juga akan daftarkan lagi untuk tim juniornya yang U-17. Apalagi kami berharap, tim U-17 ini kembali meraih prestasi,” tutur Sunardi.

Skuad Persid U-17 musim lalu mampu bermain cukup moncer ketimbang tim seniornya. Apabila tim senior harus terhenti di babak penyisihan grup. Persid U-17 justru mampu menembus babak final zona Jatim. Sayangnya, di laga final mereka kandas oleh PSBK Blitar dengan skor 2-0 di Stadion Brawijaya Kediri.

“Mungkin pertengahan Maret nanti kami sudah adakan seleksi. Bulan April nanti kami liburkan karena puasa. Dilanjutkan Mei, para pemain yang lolos seleksi kami undang kembali,” ungkap Sunardi.

Dia menambahkan, tim Persid masih memiliki hak suaranya dalam pemilihan ketum tahun depan. “Kami masih menjadi voters pemilihan ketum tahun 2021. Karena tahun lalu, Persid sudah menyelesaikan semua pertandingan Liga 3. Dengan itu kami punya hak suara,” tutur pria yang juga menjadi anggota dewan ini.

Sebagai informasi, meskipun langkah Persid berhenti di fase grup. Namun, Persid sudah menjalani delapan pertandingan sesuai regulasi dan tanpa ada permasalahan berarti. Itu yang menjadikan Persid masih memiliki hak suara di pemilihan Ketum PSSI Jatim tahun depan.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih