Dua Pemanah Tanding di Demak

Wawan Dwi/Radar Jember FOKUS: Aura Mahsa Pandanaran, salah satu atlet panahan Jember yang ikut dalam Dandim Demak Cup Open 2018, besok.

RADARJEMBER.ID – Persaingan ketat diperkirakan akan terjadi dalam salah satu ajang panahan bergengsi tanah air, Dandim Demak Cup Open 2018 yang akan berlangsung mulai Ahad (26/8). Dua pemanah Jember usia pelajar SMP akan bersaing dengan ratusan pemanah lain se-Indonesia.

IKLAN

“Persaingannya agak sulit karena beberapa klub besar di Jateng akan ikut bertanding. Mereka seperti Al-Irsyad Purworejo, Jogja Archery School (JAS), Abipraya Archery, dan FAST Kartasura,” tutur Susi Andriyani, official klub Jember Pro Archery (JPA) saat ditemui radarjember.id di sela-sela latihan di Kampung Saya Archery Ground, kawasan Kaliurang, kemarin.

Informasi terakhir yang didapatkan Susi, jumlah peserta diperkirakan akan mencapai sekitar 400 orang dari berbagai usia.

JPA memberangkatkan seorang atlet binaannya, Aura Mahsa Pandanaran yang juga pelajar kelas IX SMPN 12 Jember. Seorang pemanah lainnya adalah Renhad Maulana dari klub panahan Martsanda Archery Club milik MTsN 2 Jember.

Keduanya akan bertanding di kategori Recurve kelas U-15 dan umum. Meski ketat, Susi optimistis Aura mampu berbicara. “Karena sebelumnya di Piala Pakualam 2018 pada Juli lalu di Jogja, Aura bias meraih medali emas,” tutur Susi.

Optimisme serupa juga disampaikan Ani Kuntariani, pelatih panahan di Martsanda Archery Club. “Target kami sementara masih perak, karena belum tahu juga peta kekuatan. Tapi dari segi mental sudah cukup, karena sebelumnya Renhad meraih medali emas di Kejurda awal Januari lalu,” tutur Ani, pelatih Renhad.

Jember Kuat di Panahan

Sementara pelatih panahan di Kampung Saya Archery Ground, Donny Friskianto menilai, Jember masih punya peluang untuk mempertahankan posisinya sebagai salah satu kekuatan cabor panahan di Jawa Timur, bahkan nasional.

“Karena olahraga panahan belum banyak berkembang di daerah lain. Tapi kalau Banyuwangi, meski masih baru, perkembangannya sangat cepat,” tutur Donny.

Sebagai salah satu penggiat olahraga panahan di Jember, Donny memiliki ekspektasi besar atas suksesi kepengurusan KONI Jember saat ini. “Saya harap Ketum KONI Jember bisa mendorong agar Perpani Jember (induk cabor panahan) bisa lebih merangkul seluruh klub panahan yang ada di kota ini,” pungkas Donny.

Reporter : Adi Faizin
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.
Fotografer: Dwi Siswanto

Reporter :

Fotografer :

Editor :