Semangat Baru, Manajemen Baru

Persid Mulai Tata Ikut Kompetisi Musim Ini

SEMANGAT BARU: Striker Persid musim lalu, M. Akmal, ketika merayakan gol di Stadion Jember Sports Garden dalam lanjutan Liga 3. Tahun ini Persid bakal memiliki semangat baru dengan manajemen baru.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Persid Jember dipastikan kembali berlaga tahun ini di kompetisi amatir Liga 3. Mereka ternyata sudah mulai menyusun kepengurusan dan manajemen baru untuk mengarungi kompetisi musim ini. Pada Jumat (20/3), Persid Jember mengadakan serah terima jabatan pengurus yayasan sekaligus launching manajemen tahun 2020 di salah satu rumah makan di Jember.

IKLAN

Dalam acara tersebut, juga ada yang telah resmi ditunjuk sebagai ketua pengurus Yayasan Persid Jember (YPJ) yang baru. Yakni, M. Sholahudin, yang notabene juga berlatar belakang senagai suporter setia Persid, yakni Berni. Pria yang kerap disapa Jo itu juga menjadi Ketua Harian Berni. Selain ketua pengurus dan jajaran pengurus, Persid Jember memiliki manajer baru musim ini.

Pengurus YPJ sudah sepakat untuk menunjuk Adi Setiawan sebagai manajer tim musim ini. Adi Setiawan sendiri kini menjadi Direktur Utama PDAM Jember. Sayang, dalam kesempatan tersebut, Adi Setiawan berhalangan hadir. Namun, tetap ada yang mewakili.

Suparno, ketua pembina YPJ, menyampaikan, bahwa pihaknya kini menggandeng para generasi muda untuk menjadi pengurus YPJ. Salah satunya, Sholahudin sebagai ketua pengurus.

“Biasanya, anak muda ini geraknya lebih dinamis. Insya Allah akan membawa Persid lebih baik daripada dulu. Itu harapan kami,” tuturnya.

Suparno sendiri menjadi ketua pembina yayasan. Sebenarnya, dulu dia tak sendiri. Ada almarhum Miftahul Ulum atau yang kerap disapa Cak Ulum. Namun, meninggalnya Cak Ulum tahun 2018 lalu membuat posisi pembina hanya diduduki Suparno seorang.

“Di YPJ ada tiga orang. Pembina, pengurus, dan pengawas. Pengurus punya otoritas untuk mengangkat manajer dalam mengangkat ketua pengurus. Pembina tidak ikut campur,” kata Suparno.

Mantan kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (kanpora) itu menambahkan, pengurus menyampaikan nama-nama yang diusulkan menjadi manajer kepada pembina. “Kebetulan Pak Adi Setiawan juga punya pengalaman dalam menangani tim bola,” lanjutnya.

Disinggung mengenai isu yang beredar, ada dua orang yang mendaftarkan Persid di Liga 3 tahun ini ke Asprov PSSI Jawa Timur selaku operator Liga 3 Jatim. Hal tersebut tak ditampik Suparno. “Persid sudah daftar ke Asprov. Tinggal nunggu keputusan resminya dari Asprov,” ungkap dia.

Dua orang yang mendaftar tersebut berasal dari Sunardi. Dia adalah pengurus YPJ yang kini juga menjabat sebagai anggota DPRD Jember. Selain itu, pihak Suparno mengaku sudah mendaftarkan Persid ke Asprov.

Ditanya mengenai pengelolaan Persid pada musim-musim sebelumnya ditangan Sunardi, Suparno juga tidak menampik hal tersebut. “Tahun-tahun sebelumnya memang juga dikelola Sunardi. Beliau sebagai pengurus, saya sebagai pembina. Hanya saja, beliau sudah habis masa jabatannya,” ucap Suparno.

Suparno menyebut, masa jabatan Sunardi mulai tahun 2011 hingga 2016 saja. “Tetapi, pada waktu itu ketua pembinanya adalah Cak Ulum. Dia tidak membuat surat pengangkatan,” jelasnya.

Suparno berkonsultasi dengan notaris mengenai pengurus yang tak dibuatkan surat pengangkatan. Apakah dia boleh terus mengurus Persid. “Pada intinya boleh. Hal itu sampai pembina mengangkat pengurus baru. Nah, sekarang kan sudah ada pengurus baru. Otomatis jabatan beliau sudah habis,” bebernya.

Sebab, menurut Suparno, wajar jika Sunardi juga mendaftarkan Persid sebelum pendaftaran terakhir tanggal 10 Maret lalu. “Kalau sudah daftar tergantung Asprov Jatim. Siapa yang diberi kewenangan mengikuti liga?” pungkasnya.

Sementara itu, Sholahudin bersama rekan-rekannya siap mengemban amanah untuk menjadi pengurus yayasan. “Tidak usah bicara beban dulu. Yang penting antara yayasan dan Berni sudah bisa satu suara,” katanya.

Langkah jangka pendek pun cukup realistis. “Kami akan merapikan semua yang ada di yayasan. Baru kami melangkah ke ranah manajemen. Akan duduk bersama membahas ini semua dengan manajer,” imbuhnya.

Dia pun meminta dukungan dan doa Berni, serta warga Jember untuk Persid dapat menyongsong Liga 3 musim ini. “Intinya, kami harus lebih baik daripada tahun kemarin. Ditunggu saja gebrakan generasi muda. Insya Allah kami semua akan gotong royong,” pungkas Sholahudin.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono