Bilal Raih Emas di Turnamen Catur Cepat G25

MASTER CATUR CILIK. Muazzam Bilal Wicaksana saat bertanding di Turnamen Catur Cepat G-25 di Surabaya

RADARJEMBER.ID – Torehan prestasi kembali diukir pecatur junior asal Patrang, Muazzam Bilal Wicaksana. Bersaing ketat dalam kejuaraan terbuka Turnamen Catur Cepat G-25, Bilal berhasil membawa pulang medali emas atau juara satu di kelas Junior SD 1-3.

IKLAN

“Prestasi ini sudah bias diprediksi, dia tahun lalu mendapat Gelar Catur MP (Master Percasi) karena menjadi juara satu di Kejurnas 2017 di Bogor,” tutur Billah, pelatih catur Bilal.
Karena meraih medali emas dalam Kejurnas tahun lalu, Bilal secara otomatis mendapat tiket untuk melaju di Kejurnas tahun ini, meski dalam Kejurprov Jatim di Sampang beberapa waktu lalu, Bilal meraih medali perak. Kejurnas Catur 2018 rencananya akan digelar di Aceh pada Oktober 2018.

“Bilal ini punya potensi besar. Dia menyukai permainan catur dengan style agresif kombinasi. Yakni memulai langkah dengan E2- E4,” lanjut Billah.

Dalam Turnamen Catur Cepat G-25 yang digelar di Grha Barunawati, Surabaya tersebut, setiap peserta harus bermain catur dalam waktu 25 menit sehingga satu partai berlangsung selama 50 menit. Turnamen terbuka ini diikuti oleh 384 peserta dari 10 provinsi di Indonesia dan satu peserta dari Filipina yang bertanding di kategori senior.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama yakni Junior SD kelas 1-3 yang diikuti 48 orang; Junior SD kelas 4-6 yang diikuti 86 orang serta kategori Senior yang diikuti 250 orang. Beberapa pecatur nasional bertitel Grand Master (GM) juga ikut menambah sengit persaingan seperti GM Susanto Megananto.

Sebagai pecatur junior, Bilal memulai karir pecaturnya sejak awal sekolah. “Selain belajar di sekolah catur, saya sering titipkan dia di warung-warung catur, untuk uji tanding dengan yang lebih dewasa,” tutur Dwi Putranta Agung, ayah Bilal.

Reporter : Adi Faizin
Foto : Istimewa

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :