Terima Gaji walau Tidak Full

Kompetisi Berhenti, Hanya Dapat Gaji 25 Persen dari Klub

BELUM MERUMPUT LAGI: Dhanu Syahputra, salah satu gelandang muda asal Jember yang bermain untuk Persekat Tegal di Liga 2. Sementara ini, dirinya masih menerima gaji 25 persen dari klausul kontrak akibat pandemi Covid-19.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sudah tiga bulan ini seluruh aktivitas sepak bola nasional rehat sejenak akibat pandemi Covid-19. Para penggiat sepak bola pun terkena imbasnya. Mereka istirahat sementara waktu dari ketatnya jadwal kompetisi.

IKLAN

Dampaknya, gaji bulanan yang mereka terima harus rela dipotong oleh klub masing-masing. Kepastian pemotongan gaji tersebut sebelumnya sudah dikemukakan oleh PSSI. Manajemen klub telah melakukan pertemuan untuk memutuskan besaran gaji di tengah penghentian liga.

PSSI memutuskan menyetop Liga 1 dan Liga 2 karena pandemi virus korona ini. PSSI menetapkan bahwa bulan Maret, April, Mei, dan Juni adalah status keadaan tertentu darurat bencana. Rencana kelanjutan kompetisi pun masih belum ditentukan.

Dalam surat keputusan tersebut, selama kompetisi dihentikan sementara ini, para klub diperbolehkan membayar gaji para pemain dan ofisial sebesar 25 persen dari nilai gaji bulanan yang tertera di klausul kontrak.

Hal itu sudah dialami tiga pemain muda asal Jember, yang tahun ini membela klub-klub Liga 2. Kompetisi kasta kedua, di bawah Liga 1. Menurut Dhanu Syahputra, gelandang asal Jember yang musim ini membela Persekat Tegal, dirinya sudah menerima gaji tersebut selama dua bulan. “Iya, saya terima gaji 25 persen itu. Tetapi kalau saya masih terima satu kali gaji dulu untuk 25 persen itu,” tutur Dhanu kepada Jawa Pos Radar Jember.

Lebih lanjut, mantan penggawa Persela Lamongan dan Semeru FC ini menyebut, keputusan tersebut memang dibuat oleh PSSI. “Semua klub juga sama seperti itu dari PSSI. Ya mau bagaimana lagi, kondisinya masih seperti sekarang ini,” imbuh Dhanu.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Giofani, gelandang muda asal Kecamatan Puger yang tahun ini bergabung bersama Laskar Isen Mulang, julukan Kalteng Putra. “Tapi alhamdulilah, kalau saya sudah dua kali gaji dari 25 persen itu. Dan masih lancar semua pemberian gaji dari klub,” kata pemain yang musim lalu membela Deltras Sidoarjo ini.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti