Panjat Tebing Tunggu Izin Latihan

BELUM LATIHAN: Salah satu atlet panjat tebing Jember saat berlatih rutin sebelum pandemi Covid-19. Kini mereka belum menjadwalkan latihan selanjutnya.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Beberapa cabang olahraga di Jember memang sudah mulai menggelar latihan, setelah sempat meliburkan atletnya semenjak sebelum Ramadan lalu.

IKLAN

Kini memasuki masa New Normal, sejumlah cabor seperti bulu tangkis, tenis lapangan, sepak bola, ataupun wushu mulai mengadakan latihan rutin dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Penerapan protokol kesehatan virus korona pun tetap dilakukan untuk tetap mencegah penyebaran dan antisipasi Covid-19 terhadap para atlet. Selain itu, pembatasan jumlah atlet yang berlatih pun diwajibkan bagi para cabor tersebut.

Namun, untuk cabor panjat tebing Jember, hingga kini mereka belum kembali berlatih. Hal itu dibenarkan oleh Nanang, pengurus Pengkab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jember. “Kalau untuk latihan kami masih belum,” tuturnya, kepada Jawa Pos Radar Jember.

Sebab, pihaknya juga masih menunggu izin turun dari pihak Politeknik Negeri Jember. “Tunggu izin dulu dari Polije. Karena kan kami biasanya latihan setiap sore di Polije,” imbuhnya.

Cabor panjat tebing Jember memiliki cukup banyak atlet belia yang potensial. Terakhir, mereka bertanding dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur pada Oktober lalu di Kabupaten Pamekasan. Selain di Kejurprov, pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019 kemarin juga tetap ikut serta.

Sejauh ini kendala yang dialami para atlet panjat tebing adalah terbentur oleh sarana latihan. Bertahun-tahun Pengkab FTPI belum memiliki papan panjat tebing sendiri. Mereka pun sekarang ini terpaksa masih menumpang latihan di sejumlah perguruan tinggi di Jember, salah satunya di Polije.

Reporter : Muchammad Ainul Budi, Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono