Belum Kembali ke Klub

Liga 2 Akan Bergulir Lagi, Pemain Belum Balik ke Klub

BELUM ADA PANGGILAN KLUB: Giofani, salah seorang pesepak bola muda asal Jember yang bergabung bersama klub Kalteng Putra di kompetisi Liga 2 musim ini.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kompetisi sepak bola Indonesia mulai ada titik terang. Namun, titik terang itu masih teruntuk kompetisi profesional Liga Indonesia saja. Yakni Liga 1 dan Liga 2. Kompetisi profesional di bawah otoritas PSSI itu akan bergulir kembali dalam beberapa bulan ke depan.

IKLAN

Sebelumnya, induk federasi ini pada awal bulan Juni lalu mengadakan rapat bersama dengan wakil klub Liga 2. Beberapa poin soal kelanjutan kompetisi akhirnya didapatkan. Salah satu poinnya adalah mengenai kompetisi kasta kedua ini direncanakan akan kembali digulirkan pada Oktober mendatang.

Selain Liga 2, kompetisi teratas Liga Indonesia yakni Liga 1 juga sudah siap dilanjutkan pada bulan Oktober. Wacananya, Liga 1 dan Liga 2 tidak ada degradasi. Liga 2 ada dua tim yang promosi ke Liga 1 dan tidak ada tim yang degradasi.

Selain itu, hasil rapat menyepakati semua kompetisi dilaksanakan sesuai dengan protokol FIFA dan protokol standar PSSI. Untuk Liga 2, kompetisi akan dilaksanakan dengan sistem home tournament dan akan dipusatkan di zona masing-masing. Dari 24 tim akan dibagi menjadi empat grup masing-masing enam tim.

Meski sudah mulai ada kejelasan, namun sejumlah klub Liga 2 masih belum bersiap diri saat ini. Menurut Giofani, salah satu pesepak bola belia asli Jember yang bergabung di klub Kalteng Putra dalam kompetisi Liga 2 tahun ini. Hingga sekarang para pemain Laskar Isen Mulang, julukan Kalteng Putra, belum ada informasi lebih lanjut lagi.

“Kami belum dipanggil kembali ke klub. Belum ada kabar lagi,” tutur mantan pemain Persema Malang dan Deltras Sidoarjo ini.

Lebih lanjut, Giofani mengatakan, kemungkinan nanti timnya akan berkumpul kembali pada bulan Agustus. “Mungkin kumpul lagi bulan Agustus nanti. Kan Liga 2 mainnya bulan Oktober. Ada persiapan lagi sekitar dua bulanan,” imbuh pemain yang akrab disapa Gio ini.

Meski masih libur kompetisi, dirinya pun tetap menjaga kondisi dengan tetap latihan rutin. Walaupun kebijakan tim sudah tidak menerapkan latihan secara daring dengan laporan menggunakan video maupun foto.

Sekedar informasi, Liga 1 dan Liga 2 musim ini diliburkan sejenak pada pertengahan bulan Maret lalu karena pandemi Covid-19. Awalnya, PSSI menegaskan bahwa kelanjutan kompetisi itu bergantung pada kebijakan pemerintah.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono