Siapkan Pesilat Muda untuk Popda 2020

BRIEFING LATIHAN: Para pesilat Tapak Suci mendengarkan arahan jajaran pelatih. Nantinya, mereka bersiap diri untuk seleksi jelang ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) Jatim 2020.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) memang masih dua bulan lagi. Namun, persiapan sudah dilakukan oleh cabang olahraga (cabor) bela diri pencak silat Tapak Suci (TS) Jember. Bahkan, Tapak Suci Pimpinan Daerah (Pimda) 4 Jember sudah menggelar latihan rutin secara intensif. Persiapan sejak jauh-jauh hari itu dilakukan untuk meraih hasil maksimal dalam Popda Jawa Timur tahun ini.

IKLAN

Davit Rahman, salah satu pelatih Tapak Suci Jember, menuturkan, pihaknya bakal menurunkan 25 pesilat muda untuk ajang Popda tahun ini. 25 atlet itu akan bermain di dua kategori nantinya, yakni tanding dan seni. “Popda ini untuk atlet maksimal berusia 17 tahun. Nantinya kalau juara Popda bisa lanjut ke Pekan Olahraga Wilayah (Popwil). Kalau juara lagi, bisa melanjutkan langkah ke Pekan Olahraga Nasional (Popnas) 2021,” ungkap Davit.

Popda Jatim 2020 rencananya akan digelar di Kabupaten Sidoarjo dan Popwil tahun ini berlangsung di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, yang sudah siap menjadi tuan rumah. Sedangkan gelaran Popnas 2021 dipusatkan di Sumatera Selatan nantinya.

Davit menambahkan, Tapak Suci Pimda 4 Jember rencananya akan mengadakan seleksi terlebih dahulu guna mendapatkan 25 atlet yang bakal dikirim untuk ajang Popda tersebut. “Insyaallah, rencananya tanggal 21-22 besok kami adakan seleksi tim yang akan diproyeksikan untuk Popda,” beber Davit kepada Jawa Pos Radar Jember.

Selain itu, Tapak Suci Jember juga memiliki program sebelum menyongsong kejuaraan-kejuaraan bergengsi ke depan. “Tapak Suci Jember Juara (TSJJ), ini salah satu program kami yang visinya menghasilkan pesilat juara dan berprestasi,” ungkap dia.

Namun, meski akan menggelar seleksi, pihaknya juga tak melewatkan beberapa pesilat lainnya yang sudah dipantau sebelum ini. “Atlet yang juara di Kejuaraan Daerah (Kejurda) TS beberapa waktu lalu dan ada beberapa atlet lainnya akan kami pantau. Nantinya akan kami seleksi lagi untuk masuk menjadi tim inti,” papar Davit.

Latihan rutin jelang Popda itu, kata dia, bakal terus digelar. “Nantinya pemusatan latihan ini sampai menjelang kejuaraan agar atlet-atlet ini semakin matang dan benar-benar siap,” pungkas Davit.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti