Tetap Jaga Semangat Atlet

Gelaran Porprov 2021 Perlu Ditinjau Ulang

MASIH SEMANGAT LATIHAN: Salah seorang petenis muda Jember ketika sedang berlatih rutin sebelum masa pandemi Covid-19. Mereka diharapkan tetap menjaga semangatnya untuk berlatih intensif.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Masa pandemi Covid-19 masih belum juga reda. Imbas wabah virus korona tersebut berdampak besar terhadap kalender event olahraga, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Mulai dari Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) beberapa cabor, sampai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang.

IKLAN

Sedianya, gelaran PON Papua itu dihelat tahun ini. Namun, keputusan diundur tersebut sudah diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu. Perhelatan PON Papua tersebut berbarengan dengan gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2021 di tahun yang sama.

Menanggapi hal tersebut, Ketua 1 Pengurus Pengprov Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PELTI) Jawa Timur Soetriono berpendapat bila gelaran Porprov tersebut dapat dikaji ulang jadwal penyelenggaraannya.

“Tidak terlalu berharap pada gelaran Porprov 2021 Jatim karena jadwal pelaksanaannya berdekatan dengan gelaran yang lebih tinggi, seperti PON dan Sea Games. Persiapan para atlet Porprov, PON, Sea Games, membutuhkan effort yang luar biasa, khususnya provinsi,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua Umum Pengkab PELTI Jember ini.

Gelaran Sea Games 2021 sendiri rencananya akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, pada November hingga Desember 2021. Menurut pria yang akrab disapa Prof Tri ini, apabila persiapan pelaksanaan Porprov Jatim 2021 dipaksakan digelar tahun itu, bisa-bisa tidak maksimal. Sebab, masih imbas pandemi Covid-19. “Tentu masih dalam tahap pemulihan ekonomi dan berbagai sektor lainnya. Baik itu dari provinsi maupun kabupaten atau kota. Bisa saja persiapannya tidak maksimal nanti,” imbuhnya.

Kendati demikian, pihaknya pun tetap fokus mempersiapkan atlet andalannya yang disiapkan untuk ajang-ajang bergengsi. Mulai dari kejuaraan Turnamen Diakui Pelti (TDP) maupun Porprov sekalipun. Terutama agar semangat para petenis muda tetap terjaga dan stabil, di tengah situasi serta kondisi yang sekarang ini. “Kita harus berusaha mencari solusi agar para atlet yang selama ini sudah berlatih, tetap bersemangat latihan dan tidak demoralisasi karena keadaan ini,” lanjutnya.

Dia pun berharap, masa-masa sulit seperti ini bisa segera berakhir. “Semoga pandemi ini cepat berakhir agar aktivitas kita kembali berjalan normal seperti biasanya. Juga kegiatan olahraga bisa berjalan sebagaimana mestinya lagi,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti