Askab Siap Gelar Festival Anak

Ajang Pemanasan Pemain Usia Dini U-12

GIATKAN TURNAMEN USIA DINI: Pembinaan pemain usia dini menjadi perhatian dari Askab PSSI Jember. Sebab, dari sebuah turnamen, para pemain cilik ini dapat mengasah mental dan pengalaman bertanding mereka.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Di era modern sepak bola masa kini, pembinaan pemain usia muda sangatlah penting. Mengingat masa depan sepak bola Indonesia tak lepas dari potensi pemain usia muda sekarang ini. PSSI pusat pun kini banyak menggelar turnamen dan kompetisi berbagai kelompok usia. Mulai dari usia dini, usia muda, amatir, semi profesional, sampai puncaknya profesional. Semangat gelaran turnamen usia dini tersebut ditularkan ke berbagai daerah, termasuk Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Jember yang juga mengaplikasikan ajang turnamen tersebut.

IKLAN

Gelaran ini bakal berlangsung dalam waktu dekat. Mereka menyiapkan turnamen usia dini Festival Anak Indonesia Piala Askab PSSI Jember, tanggal 15-16 Februari mendatang, di Stadion Jember Sports Garden (JSG). Festival Anak Indonesia kali ini khusus diperuntukkan pemain usia 12 tahun.

Menurut Andik Slamet selaku kordinator panitia, turnamen itu baru pertama kali digelar tahun ini. “Kalau di daerah lain banyak mengadakan turnamen usia dini, kenapa di Jember tidak bisa menggelar? Maka dari itu, kami kemas dengan sistem untuk khusus U-12,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Andik, setiap tim bertanding menggunakan sistem pertandingan delapan versus delapan. Pria yang juga menjadi pengurus di Askab PSSI Jember ini mengatakan, antusiasme klub atau SSB yang berpartisipasi pada Festival Anak Indonesia ini cukup tinggi. Tak hanya dari Jember, tim luar kota pun dipastikan ikut berpartisipasi seperti Surabaya, Mojokerto, Bondowoso, dan Lumajang.

“Setengah bulan yang lalu saja pendaftar sudah penuh. List daftar tunggunya saja sudah 25 tim. Tetapi kalau peserta yang ambil bagian dalam festival ini 32 tim saja,” beber Andik kepada Jawa Pos Radar Jember.

Festival sepak bola anak ini akan memperebutkan trofi Piala Askab PSSI Jember, uang pembinaan, dan sertifikat bagi seluruh pemain yang bermain. “Festival ini juga menjadi ajang pemanasan, agar pemain-pemain usia dini ini lebih matang mengikuti turnamen tingkat nasional yang akan datang,” ungkap Andik.

Dia menambahkan, apabila ajang pembinaan usia dini kali ini sukses, tahun depan pihaknya bakal mengadakan ajang serupa kembali. “Akan kami adakan per kabupaten, tapi pusatnya di Jember. Kami berharap turnamen seperti ini berkelanjutan, karena pemain usia dini ini harus ditempa dalam sebuah turnamen untuk mengasah mental dan jam terbang mereka,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti