Minta Persid Ditangani Pemkab

Hasil Audiensi Berni dengan Bupati

INGIN PEMBENAHAN: Suporter Persid Jember, Berni, ketika mendampingi tim kesayangannya pada laga tandang Liga 3 2019 lalu di Banyuwangi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Jelang persiapan musim kompetisi Liga 3 tahun ini, suporter setia Persid Jember, Berni, menginginkan agar Persid kembali dinaungi dan ditangani oleh Pemkab Jember. Hal ini disampaikan oleh perwakilan Berni kala mengikuti audiensi dengan Bupati Jember Faida. Suporter yang identik dengan warna hitam-putih ini menyampaikan beberapa hal kepada Faida dalam audiensi yang digelar di Ruang Tamyaloka, Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat (7/2) lalu.

IKLAN

Total ada enam orang perwakilan Berni yang menemui bupati dalam audiensi siang itu. Salah satunya M Sholahuddin, ketua harian Berni. Pria yang akrab disapa Jo ini menjelaskan, dirinya ingin tim kebanggaan Jember berbenah lebih baik untuk menghadapi musim kompetisi tahun ini. Selain itu, harapan tingginya tidak lain adalah Persid dapat naik kasta ke Liga 2 nantinya. “Kita akan berjuang bersama-sama di Liga 3, agar naik ke Liga 2,” tutur Jo.

Salah satu poin dari pertemuan dengan bupati, lanjut dia, adalah Berni mendukung sepenuhnya Faida untuk menangani tim Persid Jember. Selama ini pengelolaan Persid masih berada di bawah kendali Yayasan Persid Jember (YPJ) selaku badan hukum yang menaungi Persid. Sebab, sesuai regulasi, setiap klub Liga Indonesia sekarang ini, di Liga 1 sampai liga amatir, diwajibkan memiliki badan hukum berupa PT atau yayasan. “Kami berharap Pemkab Jember bisa kembali menangani Persid,” tegasnya.

Selain itu, Jo juga mengakui, Berni mendapat tugas dari bupati untuk membuat agenda semacam focus group discussion guna membahas kelanjutan Berni ke depan. Nantinya kegiatan itu akan difasilitasi pemkab. Bahkan, bupati memberikan saran kepada Berni untuk mengadakan kegiatan positif lainnya, seperti gebyar ataupun lomba kreatif. “Bupati juga menginginkan kami supaya lebih aktif lagi dan bisa menciptakan ekonomi kreatif sendiri, supaya tidak hanya kreatif di tribun saja,” tuturnya.

Menurut Jo, dukungan Faida tersebut menjadi semangat tersendiri bagi Berni dan dapat memotivasi bagi suporter Jember agar lebih berkembang lagi.

Sementara itu, Faida mengatakan dukungan penuh Pemkab terhadap organisasi yang menaungi Persid, supaya ke depan lebih baik lagi. Pertemuan itu juga menyepakati Pemkab Jember ikut andil mengatur. Termasuk apabila diperlukan adanya perubahan di tubuh Persid. “Suporter menjadi bagian penting dari olahraga. Bersatu dan fokus mendukung sepak bola,” ucap Faida.

Selain itu, suporter juga dapat menjadi pemersatu, penyemangat, dan menjadi sumber ekonomi kreatif para anak muda. Apalagi, suporter didominasi para remaja. Kreativitas itu diharapkan muncul dari yel-yel suporter. Kreasi mereka dapat dilatih secara masal. “Supaya Berni punya warna lain, kreatif, dan semangat baru,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti