Tak Canggung Main Tarkam

Empat Pemain Liga 1 Unjuk Gigi

MERUMPUT LAGI: Bayu Gatra Sanggiawan saat turun dalam pertandingan antar kampung di Lapangan Sumbernangka, Kecamatan Ledokombo, Selasa (7/7). Selain Bayu, ada pula Andik Vermansyah dan Rizky Dwi yang juga merumput.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kejuaraan antarkampung (tarkam) memang sering digelar di berbagai daerah, khususnya di kawasan pelosok. Tapi apa jadinya kalau tarkam jadi ajang olahraga yang juga diramaikan pemain top yang sudah melanglang buana hingga ke tingkat nasional, bahkan internasional?

IKLAN

Inilah yang membuat Lapangan Sumbernangka, Kecamatan Ledokombom ramai, Selasa (7/7) lalu. Laga eksibisi klub internal Ledokombo, yakni Tunas Remaja versus Persip Pesanggrahan ini, mampu membuat ratusan penonton memadati pinggir lapangan. Sebab, ada empat pemain spesial dalam laga ini.

Empat pemain spesial tersebut adalah Bayu Gatra Sanggiawan, Rizky Dwi Febrianto, Dadang Apridianto, dan Andik Vermansyah. Para pesepak bola asli Jember itu kembali merumput di hadapan ratusan penonton, setelah sekitar empat bulan ini seluruh kompetisi Liga Indonesia dihentikan sementara waktu. Sama sekali tak tampak rasa segan dan canggung selama mereka bermain dalam pertandingan level antarkampung itu.

Andik Vermansyah, winger andalan Bhayangkara FC, serta Dadang Apridianto, gelandang serang dari Persela Lamongan, memperkuat skuad Persip Pesanggrahan. Sementara tim tuan rumah Tunas Remaja diperkuat oleh Bayu Gatra Sanggiawan, pilar dari klub PSM Makassar, serta mantan pemain Timnas U-23 Rizky Dwi Febrianto.

Selain Bayu dan Rizky, tim Tunas Remaja ini dilatih oleh Muzammil, mantan pelatih Persid Jember U-17 tahun 2018 lalu, sekaligus ayah dari Rizky Dwi. Selain itu, dalam klub Tunas Remaja juga terdapat beberapa eks pemain junior Persid Jember, seperti Gilang Oktavana dan Jatmaka.

Pertandingan sore itu berlangsung dengan intensitas rendah yang dimenangkan oleh tim tamu Persip Pesanggrahan dengan skor tipis 2-3. Dua dari tiga gol Persip dicetak oleh Andik Vermansyah dan Dadang Apridianto masing-masing satu gol.

Bayu Gatra mengaku puas setelah sejak lama ingin merumput dalam pertandingan. Sebab, dia sudah cukup lama absen dalam pertandingan di desanya. Bayu juga tak merasa keberatan ketika diminta tampil. “Karena saya menghormati tim tamu sekaligus teman saya. Ada Andik Vermansyah dan Dadang Apridianto,” ucap mantan pemain Bali United dan Madura United ini.

Pemain yang pernah bergabung bersama Persisam Putra Samarinda ini menambahkan, dia tidak melihat hasil akhir. Dirinya menyebut, bukan urusan menang dan kalah dalam pertandingan level kampung itu. “Yang kami cari persaudaraan dan juga untuk menghibur masyarakat. Karena sudah lama tidak ada hiburan sepak bola di tingkat desa ini,” tutur pemain kelahiran tahun 1991 ini.

Di sisi lain, sebagai pemain kelahiran Jember, Andik Vermansyah yang juga mantan pemain kebanggaan Persebaya Surabaya ini berharap kemajuan sepak bola Jember ke depan makin moncer. “Ya semoga klub Persid Jember bisa naik kasta. Dan banyak pemain-pemain potensial Jember bisa bermain di Liga 1,” pungkas pemain yang pernah memperkuat Selangor FA ini.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Istimewa