Bupati dan Pangdam Buka Kejuaraan Bola Voli

MUCHAMMAD AINUL BUDI/RADAR JEMBER MENANG DI LAGA PEMBUKA: Pemain putri Jember (hijau) melompat tinggi menghalau bola dari pemain Bojonegoro (biru).

RADARJEMBER.ID- Kejuaraan bergengsi bola voli digelar di Jember. Tak tanggung, sampai ada 34 Pengcab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang ikut bertanding di GOR PKPSO Kaliwates Jember, mulai Selasa (7/8) malam kemarin.

IKLAN

Kejuaraan bertajuk Piala Pangdam V Brawijaya 2018 itu dibuka Bupati Faida bersama Pangdam Mayjen TNI Arif Rahman. Ya, karena event bergengsi itu digagas Kodim 0824 bersama Pemkab Jember.

Mayjen TNI Arif Rahman menerangkan bahwa kejuaraan bola voli yang digagasnya tak lain untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Selain itu, dinilainya juga untuk pemanasan persiapan HUT TNI. “Juga memeriahkan gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang,” tuturnya. Terlebih, di Jember bertepatan dengan JFC.

Katanya, ke depan yang ambil bagian bukan hanya kota/kabupaten. Karena bisa saja naik kelas jadi tingkat nasional. Sehingga, para pemain voli nasional bisa datang ke Jember. “Bahkan, kalau turnamen ini berhasil dalam tingkat nasional, kami akan lanjutkan sampai tingkat internasional,” janjinya.

Selain itu, kata Mayjen Arif Rahman, kejuaraan itu sekaligus menjadi ajang mencari atlet potensial untuk membela tim PON Jawa Timur ke depan. Baginya, sangat logis karena jumlah klub yang terlibat ada 34 perwakilan yang terbagi 24 tim putri dan 28 tim putra.

Sementara itu, Bupati Jember dr Hj Faida MMR tampak sangat antusias membuka turnamen tersebut. Dia menilai, sinergi pemkab dengan prajurit TNI itu akan melahirkan sebuah prestasi untuk negeri. “Antusias peserta yang luar biasa ini meyakinkan kami menggelarnya lagi di tahun depan,” ujarnya.

Perlu diketahui, pertandingan perdana mempertemukan tim bola voli putri Jember berhadapan dengan Bojonegoro. Bermain sebagai tuan rumah, semangat tinggi ditunjukkan para pemain putri Jember. Apalagi, mereka ditonton langsung oleh Bupati Faida.

Set pertama saja Jember berhasil unggul 25-17. Set kedua kembali unggul 25-16. Set ketiga, Bojonegoro sempat memberi perlawanan ketat dengan kejar-mengejar poin. Namun, Jember akhirnya menyudahi perlawanan Bojonegoro dengan 25-20. Jember akhirnya menang dengan 3-0 melalui tiga set saja.

Panitia memilih sistem setengah kompetisi di babak penyisihan, serta fase knock out dalam babak 16 besar hingga partai final. Sementara hadiah yang disiapkan panitia mencapai Rp 125 juta. Selain itu, juga ada piala bergilir bagi para tim yang nantinya menjadi juara.

Karena ada piala bergilir, kegiatan ini bakal dilaksanakan berkesinambungan. Supaya pencarian atlet bola voli agar terus terlaksana. Serta memberi kesempatan para pemain jam  terbang untuk dapat berjaya di tingkat nasional maupun internasional nantinya. Bahkan, pemkab juga berencana menggelar pemusatan latihan dari bibit atlet yang didapat dalam turnamen kali.

Reporter : Rully Efendi,
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.

Reporter :

Fotografer :

Editor :