Kompetisi Junior Masih Buram

RINDU KE LAPANGAN: Gilang Putra Oktavana, pesepakbola asal Jember, belum mengetahui kapan laga kompetisi liga amatir bakal dihelat lagi. Hingga saat ini, dirinya hanya menjalani latihan rutin di rumah saja.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Federasi tertinggi sepak bola Indonesia yakni PSSI masih belum memutuskan secara resmi apakah kompetisi level usia akan digulirkan lagi atau bakal vakum. Sejauh ini, PSSI dengan beberapa pihak terkait masih membahas untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 saja.

IKLAN

Kompetisi amatir Liga 3 dan kompetisi usia muda lainnya sama sekali belum mendapat perhatian khusus. Hal itu pun disesalkan banyak pihak. Sebab, betapa banyaknya pesepak bola muda, pelatih, ofisial, dan pihak lainnya yang berkecimpung dalam kompetisi usia muda tersebut.

Selain kompetisi, masih ada juga turnamen usia dini yang belum dibahas sama sekali.Diantaranya Elite Pro Academy (EPA) mulai dari U-18, U-19, U-21, Piala Soeratin U-13, U-15, U-17, Piala Pertiwi, hingga Liga 1 putri.

Hal ini turut disesalkan oleh Gilang Putra Oktavana. Salah seorang pesepak bola muda asal Jember yang juga menjadi bagian dari Arema FC U-18 tahun ini di EPA U-18 ini mengaku sampai sekarang belum mendapat informasi resmi kapan kompetisi EPA diputar lagi.

“Masih belum dapat kabar. Juga belum dapat informasi dari tim buat kembali ke Malang untuk latihan. Hanya di grup WhatsApp saja pembahasan buat tetap latihan di rumah,” tutur mantan kapten Persid Jember U-17 tahun lalu ini.

Gilang pun sudah cukup lama tidak bertanding dalam pertandingan resmi sejak pandemiCovid-19 mewabah di Indonesia. Selain itu, seluruh kegiatan sepak bola pun terpaksa dihentikan sementara waktu.

Dirinya juga mulai mengurangi frekuensi pengiriman foto dan video latihan rutin. Pasalnya, tidak ada updatesignifikan terkait materi latihan. “Sudah sedikit dikurangi karena materi latihannya juga sudah tidak update lagi,” jelas pesepak bola kelahiran 2 Oktober 2002 ini.

Dirinya pun berharap pandemi korona ini cepat usai. Selain ingin kembali merumput di lapangan hijau, Gilang juga rindu kumpul bersama dengan rekan setimnya di Arema FC U-18. “Ya semoga saja kompetisi Elite Pro bisa tetap lanjut dan kami bisa kembali bermain lagi,” pungkasnya.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Muchammad Ainul Budi