Merumput ke Italia

NEGERI PIZZA: Bramdani, pesepak bola Jember bergabung bersama tim Garuda Select II sedang berduel dengan pemain tim Inggris. Kini, skuad Garuda Select bakal menjajal tim junior Seri A di Italia. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sudah tiga bulan lebih dua pesepak bola muda asli Jember, Erlangga Setyo dan Bramdani, bergabung bersama tim Garuda Select II di Inggris. Bersama tim Garuda Select yang merupakan program pembinaan pemain usia muda dari PSSI tersebut, keduanya mulai banyak mendapatkan pengalaman berharga.

IKLAN

Bahkan, setelah menjajal beberapa kekuatan klub junior di Inggris, kini mereka sudah berada di negeri pizza, Italia. Agendanya hari ini, skuad Garuda Select akan menjajal kekuatan Torino U-17 di Lascaris Field, Turin. Pada perjalanan ke Italia ini, mereka akan mendapat perlawanan dari beberapa tim junior Liga Seri A. Seperti Torino, Inter Milan, Juventus, dan Como tim junior Seri C.

Menurut Bramdani, pemain asli Ambulu ini, dirinya sudah mulai beradaptasi dengan cuaca di Inggris. “Alhamdulilah kan sudah agak lama di sini (Inggris, Red). Jadi, mulai paham cuaca dan suasananya. Karena kalau di lapangan harus menyesuaikan semuanya,” beber pemain yang musim lalu membela Persebaya U-16 ini.

Selama di negara Ratu Elizabeth ini, Bramdani menjadi salah satu pilar Garuda Select. Dia kerap dimainkan posisi sayap kanan bersama David Maulana dan Brylian Aldama di lini tengah. Tercatat, Bram sudah bermain sebanyak delapan kali sebagai pemain inti dari sembilan laga yang dilakoni. “Saya hanya cadangan satu kali saja,” imbuh pemain yang pernah membela Persid U-17 tersebut.

Selain itu, pengalaman berharga lainnya yakni soal lawan yang dihadapinya. “Postur lawannya besar-besar semua. Mainnya juga agak keras,” katanya. Di Inggris, tim Garuda Select mendapat program layaknya pemain profesional. Seperti yang dilakukan Jake Fitz Simmons, pelatih fisik Garuda Select yang berusaha mengembangkan performa dan daya tahan para pemain berlatih. Mereka diikutikan fitness tiga kali dalam seminggu.

Lain cerita, Angga sapaan akrab Erlangga Setyo, kini kondisinya masih dalam tahap pemulihan. Kiper jangkung mantan penggawa Persid U-17 tahun 2018 lalu ini terpaksa menepi sementara karena matanya terkena bola dalam sesi latihan rutin. Akibatnya, Angga terpaksa berada di pinggir lapangan kurang lebih selama dua bulan.

Sementara itu, asisten pelatih Garuda Select Danny Holmes mengatakan, dia bersama timnya sedang semangat menyambut pertandingan di Italia. “Para pemain dapat belajar dari bagaimana lawan bermain. Demikian pula untuk pelatih bisa menambah pengetahuan dan sudut pandang baru tentang sepak bola,” tuturnya, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih