Atlet Kembali Latihan Mandiri

LATIHAN MANDIRI LAGI: Salah satu petenis muda Jember saat mengikuti simulasi latihan di Lapangan Tenis Universitas Jember, beberapa waktu lalu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Setelah melakoni simulasi latihan bersama dan sparring partner dari Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (PELTI) Jember, beberapa waktu lalu, kini para atlet tenis muda Jember kembali diperbolehkan untuk latihan mandiri. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Umum Pengcab PELTI Jember Soetriono kepada Jawa Pos Radar Jember.

Menurutnya, saat ini atlet mudanya bisa kembali berlatih secara mandiri terlebih dahulu. “Iya benar, anak-anak latihan mandiri,” tutur pria yang juga merupakan dosen di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini.

Lebih jauh, menurut dia, latihan mandiri itu tidak hanya dilakukan di rumah mereka masing-masing. Tetapi juga bisa menjadi inisiatif atlet yang bersangkutan untuk berlatih di mana pun, asal tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. “Latihan mandiri itu bisa di rumah, di klub, atau juga bergabung bersama atlet senior atau veteran. Sekadar bermain bersama,” ungkapnya.

Inisiatif untuk latihan mandiri diakuinya datang dari atlet, agar mereka tetap menjaga kondisi fisik, skill pukulan, serta teknik permainannya. Selain itu, inisiatif juga datang dari sejumlah orang tua.

PELTI Jember sempat mengadakan laga uji tanding dengan dua kota pada pertengahan Juli lalu, di Lapangan tenis GOR PKPSO Kaliwates. Para atlet Jember dihadapkan dengan petenis asal Bondowoso dan Surabaya. PELTI Jember menggelar uji tanding tersebut guna melihat kemampuan petenis mudanya ketika bertanding. “Mengurangi kejenuhan atlet, setelah lama tidak berlatih bersama,” ungkap Heri Riono, salah seorang pelatih tenis lapangan Jember.

Evaluasi yang didapat dalam sparring partner itu pun cukup banyak. Heri menambahkan, kedisiplinan ketika berlatih di rumah sangatlah berpengaruh sekali. Sebab, latihan mandiri itu untuk menjaga fisik dan stamina mereka. “Permainan untuk tekniknya masih belum kembali, karena mereka kurang latihan dan main dalam sebuah pertandingan. Adanya uji tanding itu untuk menggairahkan semangat mereka kembali,” beber Heri.

Sebelumnya, Pengcab PELTI Jember sudah mengadakan latihan simulasi di Lapangan Universitas Jember, satu bulan yang lalu. Latihan simulasi itu digelar pertama kali setelah para petenis mudanya berlatih secara mandiri di rumah masing-masing.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Muchammad Ainul Budi