Mulai Main Konsisten

Penampilan Stabil Pebulutangkis Tunggal Putra Jember

PILAR TUNGGAL PUTRA : M. Haikal Ramadhana mulai jadi andalan Jember di berbagai kejuaraan. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Konsistensi atlet muda bulutangkis Jember sudah mulai teruji. Salah satunya, Haikal Ramadhana. Pebulutangkis tunggal putra dari klub PB. DMG BC Jember ini mampu menampilkan performa yang cukup baik di beberapa kejuaraan terakhir.

IKLAN

Bahkan dalam turnamen klub internasional, Turnamen Suryanaga Internasional pertengahan bulan Desember lalu, Haikal berhasil menembus partai puncak. Sayang, dalam laga final yang dimainkan di GOR Suryanaga Surabaya kala itu, Haikal harus mengakui keunggulan lawannya, Satria Prayu atlet asal Surabaya. Haikal kalah rubber set. Di set ketiga, Haikal kalah tipis 22-20. Sempat tertinggal 11-5 dan membuntuti sampai 20-19, dua poin terakhir Haikal harus mengakui kemenangan lawannya tersebut.

Bermain di kategori Kelompok Usia (KU) 17 tahun atau KU remaja, Haikal tak menjadi unggulan dalam turnamen tersebut. Bahkan, di partai semifinal, dia jumpa dengan atlet unggulan keempat, dan berhasil lolos ke final.

“Secara permainan dia (Haikal, Red) cukup bagus. Dia bisa bermain stabil, sayang faktor keberuntungan masih belum berpihak kepadanya,” kata Erfan Friambodo, ketua umum Pengkab PBSI Jember.

Meskipun belum juara, turnamen Suryanaga Internasional itu cukup bergengsi dan memiliki passing grade kejuaraan bagus. Karena, beberapa atlet luar negeri juga berpartisipasi, mulai dari Malaysia, Singapura dan India.

Sebagai catatan, performa Haikal dalam beberapa kejuaraan terakhir, dirinya selalu menembus empat besar. Mulai dari Walikota Open menjadi juara 1, Kejurkab PB Jember juara 2, dan terakhir Suryanaga Internasional juga jadi juara 2.

“Penampilan Haikal di kejuaraan kemarin mulai menunjukkan performa konsisten. Permainannya juga cukup meningkat. Ini yang perlu dia tingkatkan di tahun 2020 ini,” harap pria yang kerap disapa Priambodo ini.

Lebih lanjut, padahal Haikal sudah dibebani target medali emas dalam turnamen Suryanaga Internasional tersebut. “Sudah kami beri target emas, tapi hanya mendapat perak. Tentu ini tetap menjadi evaluasi kami ke depan,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono