Wushu Sanda Kembali Latihan

Sempat Vakum, 13 Atlet Berlatih Lagi

SEPEKAN DUA KALI LATIHAN: Atlet wushu sanda kembali berlatih lagi di GOR Garuda Kaliwates. Mereka rencananya akan berlatih dua kali dalam seminggu. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Setelah beberapa bulan sempat tak latihan. Wushu sanda (tarung) kembali memulai latihan perdananya, Sabtu (1/8) lalu, di GOR Garuda Kaliwates. Sebanyak 13 atlet wushu sanda berlatih di bawah asuhan pelatih Eko Rani Prasetyo Wibowo.

Menurut Eko, 13 atlet tersebut sudah mulai aktif kembali latihan. Sebelumnya, wushu sanda sendiri sempat tak berlatih karena pandemi Covid-19 beberapa bulan lalu. Memasuki kebiasaan baru new normal ini, mereka mulai menyiapkan program latihan baru.

“Tetapi ada beberapa atlet kami belum kembali ke Jember karena memang masih situasi dan kondisi seperti sekarang ini,” tutur Eko kepada Jawa Pos Radar Jember.

Sementara ini, jadwal latihan pun sepekan dua kali. Yakni hari Rabu dan Sabtu. Para atlet sanda yang berlatih itu pun mulai dari usia 15 tahun hingga 20 tahun. “Di latihan perdana ini kami masih me-refreshing teknik anak-anak. Karena sebagai dari mereka adalah atlet baru. Mulai dari nol,” ucap Eko.

Sebab, beberapa dari atlet itu pun pendatang baru. Atlet yang baru pertama kali berlatih wushu sanda untuk kategori tarung ini. “Nantinya setelah saya rasa cukup mendapatkan teknik dasar, baru lah kami sudah menyiapkan program latihan untuk melatih power dan stamina mereka,” imbuh pelatih asal Ambulu ini.

Sementara itu, Sekretaris Pengkab Wushu Indonesia (WI) Jember Hariyanto Wijaya membenarkan bahwa atlet-atlet wushu sanda mulai intensif berlatih. “Untuk peralatan wushu sanda di GOR Garuda Kaliwates, kami sudah mempunyai beberapa alatnya. Tapi kalau untung ringnya masih belum,” kata Hariyanto.

Meskipun begitu, semangat WI Jember menggiatkan kembali wushu kategori fight ini siap digulirkan lagi. Apalagi, para atlet tersebut juga memiliki antusias dan semangat untuk kembali berlatih lagi ke depan.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Muchammad Ainul Budi
Fotografer: Istimewa