Persipura Lirik JSG Jadi Home Base

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Salah satu klub papan atas Liga 1 Persipura Jayapura sedang mempertimbangkan Stadion Jember Sport Garden (JSG) menjadi home base-nya di kompetisi musim ini. Sebab, kandang mereka, Stadion Mandala, hingga sekarang masih dalam tahap renovasi dan dipersiapkan untuk venue Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar tahun ini.

IKLAN

Meski skuad Mutiara Hitam, julukan Persipura, sudah mendapat kepastian terkait home base mereka tahun ini di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (GDS) dan Stadion Aji Imbut Tenggarong, tetapi manajemen Persipura masih mempertimbangkan stadion lain untuk dijadikan home base sementara mereka. Salah satunya JSG yang terletak di Kecamatan Ajung.

Seperti diketahui, sejak musim lalu, Persipura sudah menjadi tim musafir. Pertandingan kandang mereka banyak digelar di GDS maupun Aji Imbut Tenggarong. “Sidoarjo dan Tenggarong memang cukup representatif, musim lalu. Tapi kami sering kesulitan mengurus izin. Karena itu, kami coba mencari alternatif lain,” ucap Benhur Tomi Mano, Ketua Umum Persipura.

Musim lalu saja, saat Persipura berlaga di GDS, beberapa partai besar saat melawan Arema FC dan Persebaya, mereka harus pindah kandang lagi ke Aji Imbut. Lantaran izin dari Polresta Sidoarjo tidak turun untuk dua laga besar tersebut digelar di Kota Delta.

Benhur Tomi menambahkan, pihaknya mengusulkan kepada manajemen tim untuk melihat stadion JSG dan Manado. Sebab, Bupati Jember saat kunjungan kerja di Jayapura meminta Persipura menjadikan JSG sebagai stadion kandang sementaranya. Sama dengan Bupati Jember, Wali Kota Manado pun meminta Persipura ber-home base di Stadion Klabat, Manado.

Dengan begitu, Benhur Tomi sudah menginstruksikan manajemen Persipura untuk survei langsung ke Jember dan Manado. “Apakah kami home base di Jember atau Manado, nantinya PSSI melakukan verifikasi layak atau tidak,” imbuhnya.

Stadion JSG sendiri selama ini sudah menjadi kandang tetap bagi skuad Persid Jember yang berlaga di Liga 3. Apabila nantinya Persipura benar-benar memilih JSG sebagai kandang sementaranya, JSG harus mempersiapkan semuanya mengenai verifikasi kelayakan stadion Liga 1. Sebab, hingga saat ini JSG belum memiliki prasarana layaknya stadion kelas A kompetisi tertinggi Indonesia. Mulai dari bangku pemain, papan skor, hingga rumput yang masih bergelombang.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih