Tak Pengaruhi Latihan Atlet Catur

Bisa Dimainkan di Rumah

KONSENTRASI PENUH: Salah satu atlet catur cilik ketika bermain dalam kejuaraan catur, beberapa bulan lalu, di Jember. Wabah korona tidak begitu berpengaruh kepada latihan para atlet catur sekarang ini.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pandemik virus Covid-19 sekarang ini tetap tidak memengaruhi atlet catur untuk berlatih sehari-hari. Sebab, olahraga catur ini dapat dilakukan di dalam rumah. Selain menggunakan papan catur, para atlet dapat juga berlatih di gawai (gadget) mereka. Seperti ponsel Android, laptop, maupun PC.

IKLAN

Seperti yang diungkapkan oleh Dwi Putranta Agung Wicaksana, salah seorang wali atlet catur Jember. Pria yang kerap disapa Agung ini mengaku, langkah ini seperti yang dijalani putranya, Muazzam Bilal Wicaksana, yang kini harus berada di rumah karena wabah virus korona. “Di situasi seperti sekarang ini, latihan intensifnya tetap berjalan. Tapi dikurangi menjadi satu minggu satu kali saja,” tuturnya.

Di hari-hari normal, lanjut dia, Bilal, putra keduanya, bisa dia ajak latihan seminggu dua kali dalam dua hari. Yakni Sabtu dan Minggu. “Saya ajak ke warung catur hari Sabtu dan Minggu. Kalau sekarang ini ya jarang, kan tidak boleh keluar,” ungkap pria asli Ponorogo ini.

Selain itu, latihan permainan catur juga kerap dilakukan dengan gawai. “Main di HP, nama permainannya Lichess. Bisa dua hari sekali, agar tetap terjaga saja mainnya. Catur ini olahraga yang melatih berpikir, jadi bisa dimainkan di rumah,” lanjut dia.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti