Belum Rutin Latihan Bersama

MASIH BELUM BERKUMPUL: Taufiq Hidayat, pesepak bola asal Jember (jersey hijau) saat membela Persebaya U-17 tahun lalu di kompetisi Liga 1 junior. Kini dirinya lanjut bergabung bersama Persebaya U-18.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Taufiq Hidayat, pesepak bola asal Jember ini seharusnya tampil dalam kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 tahun ini. Namun, menyusul kebijakan PSSI pusat yang menunda seluruh kegiatan sepak bola, dirinya pun harus menunda terlebih dahulu untuk bermain bersama Persebaya Surabaya junior.

IKLAN

Dirinya memang sudah menjadi bagian dari skuad Bajul Ijo muda, julukan Persebaya junior U-18 di kompetisi EPA. Pemain kelahiran 12 Mei 2000 ini sudah menjadi bagian dari Persebaya muda tahun 2018 lalu. Bersama Persebaya U-17, Dayat, sapaan akrabnya, bahkan berhasil meraih gelar individu dengan menjadi top skor Piala Soeratin U-17 babak nasional.

Setelah bersama Persebaya U-17, Dayat dipromosikan untuk bergabung bersama Persebaya U-18. Di skuad Persebaya U-18, Dayat dilatih legenda-legenda Persebaya. Sebut saja head coach Mat Halil, dan asisten pelatih Yongki Kastanya.

Tetapi saat ini seluruh penggawa Persebaya U-18 sementara diliburkan. Sebab, kondisi tidak menentu oleh wabah virus korona. “Tidak ada latihan bersama, sementara ini diliburkan dulu. Latihannya ya di rumah masing-masing,” tutur Dayat kepada Jawa Pos Radar Jember.

Skuad Persebaya U-18 memang belum intensif menggelar latihan rutin. Pasalnya proses pembentukan tim masih berjalan beberapa bulan terakhir. Bahkan rangkaian seleksi baru dimulai akhir bulan Februari lalu. Mulai seleksi dari alumni tim EPA Persebaya hingga alumni tim Piala Soeratin tahun 2018. Belum lagi penyaringan hasil talent scouting di kompetisi amatir Persebaya dan pemain rekomendasi dari klub internal.

Hal itu dibenarkan oleh Manajer EPA Persebaya Yahya Alkatiri. Sudah terpilih 25 nama pemain yang menghuni tim akademi Persebaya. Masing-masing di kelompok usia U-16, U-18 dan U-20 untuk musim ini. Dayat juga mengaku, dirinya belum mengetahui secara pasti, skuad pemain Persebaya U-18 musim ini. Sebab, memang belum berkumpul cukup lama. “Sepertinya begitu, masih belum terbentuk,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti