Sarankan Latihan Fisik Mandiri

BERI INSTRUKSI: Rezandra Putra, pelatih bulu tangkis asli Jember, ketika memberikan latihan kepada muridnya asal India, saat berada di Jember tahun lalu. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting di tengah pandemik infeksi virus korona seperti sekarang. Terlebih bagi para atlet. Sehingga mereka mengikuti beberapa tips guna menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya adalah olahraga atau aktivitas fisik yang aman dari penularan virus korona (Covid-19).

IKLAN

Demi meningkatkan imunitas, para atlet sebaiknya melakukan latihan fisik di rumah. Namun, tetap dengan intensitas normal atau wajar-wajar saja. Sebab, apabila melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi, justru akan menurunkan imunitas tubuh. Hal itu dapat menyebabkan risiko infeksi meningkat.

Salah satu trik agar tetap menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga pagi hari. Melatih fisik agar tetap terjaga dan meregangkan otot-otot tubuh. Seperti tips yang diberikan oleh Rezandra Putra, pelatih bulu tangkis asal Jember, yang kini melatih klub bulu tangkis KC Badminton di Kanada.

Bahkan, mantan atlet jebolan klub PB Djarum ini memberikan tutorial latihan fisik ringan di kanal Youtube miliknya. Mulai dari gerakan-gerakan fisik macam push up, in out squats, power lunge, shuffle jacks, squats kicks, dan half burpee. Gerakan itu masing-masing dilakukan selama 20 detik saja.

Salah satu contoh gerakan push up, disebutnya, dapat melatih kekuatan otot lengan bagian depan. Push up dilakukan dengan posisi badan tengkurap, sedangkan tangan di sisi kanan dan kiri badan, posisi kaki lurus ke belakang. Kemudian, angkat badan dengan lengan dan kaki. Selanjutnya, turunkan badan tanpa menyentuh lantai. Gerakan ini berulang selama beberapa kali.

“Yang diambil dalam gerakan-gerakan ini kualitasnya, bukan kuantitasnya. Ada enam gerakan dan harus berkesinambungan. Istirahatnya hanya 10 detik. Satu set enam gerakan, tiap selesai satu set istirahat satu menit,” jelas pria yang juga pernah melatih bulu tangkis di India ini.

Lebih lanjut, Reza menyarankan untuk melakoni lima set saja. Kata dia, latihan fisik ini lebih bagus dilakukan pagi hari dengan udara yang masih segar. “Tidak hanya untuk atlet bulu tangkis, tapi bisa semua kalangan,” paparnya.

Lantas, bagaimana untuk latihan tambahan bagi seorang atlet, seperti halnya atlet bulu tangkis? Dia menyarankan, bagi para atlet, waktu latihan bisa ditambahi sore hari dengan latihan peningkatan kemampuan. “Seperti melatih footwork,” imbuhnya.

Reza juga menyebut, seorang atlet harus benar-benar menjaga pola makannya. Terutama selama libur berada di rumah seperti sekarang ini. “Kalau pola makan masih tetap normal. Cuma masalah latihan di rumah yang harus tetap jalan agar berat badan tidak semakin melar,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih