Terinspirasi dari Zakir Naik

INGIN JADI ULAMA: Muhammad Afif Zain Abdillah hafal Al-Quran 16 bulan, dan sudah banyak meraih berbagai juara tingkat nasional.

RADARJEMBER.ID – SETELAH mengenyam pendidikan formal selama sembilan tahun seperti pada umumnya, Muhammad Afif Zain Abdillah akhirnya memilih masuk pondok pesantren lulus dari SMK. Pemuda asli Kalisat ini juga sudah berkeinginan menjadi seorang penghafal atau hafiz Alquran.

IKLAN

Keinginan pemuda yang akrab disapa Afif ini terinspirasi dari ulama terkenal asal India, Zakir Naik. “Motivasi untuk menghafal awal niatnya pernah lihat ulama internasional, Zakir Naik itu. Saya lihat kok enak cara membacanya,” ucap pemuda berusia 18 tahun ini.

Afif pun menjelaskan, awalnya dirinya juga membayangkan bisa menjadi hafiz. Namun, sejak lama dia memang bercita-cita ingin menjadi ulama. “Kelihatannya seru juga bisa menghafal Alquran,” kata Afif. Pemuda yang lahir 17 Juli 2000 ini akhirnya memilih pondok pesantren Ibnu Katsir yang berada di Patrang. Selama 16 bulan, akhirnya dia mampu menghafal 30 juz.

Mahasiswa yang kini kuliah di Universitas Islam Jember, Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam ini menekankan benar untuk menjaga pola makan. “Pesan orang tua saya menjaga makanan yang kita makan sehari-harinya itu penting. Seperti halal dan haramnya harus kita perhatikan benar,” ungkap Afif.

Afif mengaku, pola makan tersebut berpengaruh betul terhadap kelancarannya menghafal kitab suci Alquran. “Kalau saya di rumah, benar-benar menjaga makanan yang masuk ke tubuh, terlebih halal dan haramnya,” tegas mahasiswa semester empat tersebut.

Putra pasangan M. Syakri dan Ulfia ini juga membagi tips kepada semua rekan-rekannya yang sedang menghafal Alquran. Yakni dengan sesering mungkin baca Alquran setiap habis salat lima waktu. “Meskipun bacanya sebentar-sebentar, tetapi sering setiap habis salat. Dan jangan lupa untuk rutin salat Tahajud,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti