Empat Keutamaan Puasa

Oleh : Ustaz Muhammad Idrus Ramli *)

RADARJEMBER.ID – Berpuasa menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang mampu sehingga bisa lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Ada beberapa hikmah dan keutamaan berpuasa di bulan suci Ramadan. Selain bagus dari segi kesehatan, juga memberikan keutamaan bagi mereka yang ikhlas dan tulus dalam mengerjakannya.

IKLAN

Sahabat Ibnu Umar RA berkata, Rasulullah SAW bersabda ‘Diamnya orang yang berpuasa adalah tasbih, tidurnya adalah ibadah, doanya dikabulkan, dan amalnya dilipatgandakan’ (Hadis riwayat Abu Zakariya bin Mandah dalam Al-Amali dan Al-Dailami dalam Musnad al-Firdaus [3761].)

Ada beberapa pesan yang perlu kita renungkan dari hadis di atas. Pertama, diamnya seorang yang berpuasa dapat pahala seperti membaca tasbih. Diam di sini dalam arti menjaga lidah dari menggunjing dan membicarakan hal yang tidak berguna.

Kedua, tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Maksudnya tidur siang hari dapat membantu melaksanakan ibadah pada malam hari seperti qiyamullail dan salat Tarawih.

Ketiga, doa orang berpuasa dikabulkan ketika akan berbuka puasa karena baru selesai menunaikan ibadah puasa sedangkan perutnya masih kosong dari makanan.

Keempat, amal perbuatannya dilipatgandakan, maksudnya puasa yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Wallahu a’lam. (Sayyid Abdullah Al-Ghumari Al-Hasani, Al-Gharaib wa Al-Wihdan, hadis nomor 108).

*) Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hujjah, Jember, Dewan Pakar ASWAJA Center PWNU Jawa Timur

Reporter :

Fotografer :

Editor :