Selasa, 25 Sep 2018
radarjember
icon featured
Sportainment

Semangat dan Sportivitas dari Atlet Veteran

Kamis, 26 Jul 2018 21:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Atlet, Veteran, Kejurnas Atletik, Master, Solo,

TETAP SEMANGAT: Para atlet veteran atau lansia yang tergabung dalam PAMI Jember dilepas langsung oleh Bupati Faida, di Pendopo Wahyawibawagraha, (Adi Faizin/Radar Jember)

 Usai boleh menua, namun semangat muda terus menyala. Suasana itu terpancar jelas dalam pemberangkatan 30 atlet veteran Jember yang tergabung dalam Persatuan Atletik Master Indonesia (PAMI) Jember. 

 “Atlet-atlet PAMI ini luar biasa. Usia boleh lanjut, tapi semangat masih belia,” tutur Faida saat memberikan sambutan dalam pelepasan kontingen PAMI Jember yang akan mengikuti Kejurnas Atletik Master Solo Open 2018. 

Faida melepas langsung 30 atlet veteran tersebut dari Pendopo Wahyawibawagraha atau rumah dinas Bupati Jember pada Rabu (25/07) pagi, sekitar 06.00 WIB. 

Tak sekadar memberangkatkan, Faida juga mengirim beberapa staf Pemkab Jember untuk menjadi liaison officer atau staf pendamping serta menyediakan bus khusus untuk membawa para atlet manula tersebut mewakili Jember dalam kejuaraan nasional di Solo. 

Menurut Faida, PAMI termasuk organisasi cabang olahraga (cabor) yang bisa bekerja sama cukup baik dengan Pemkab Jember. Oleh karena itu, usai kejuaraan di Solo, Faida akan mengajak para atlet PAMI untuk membantu pemkab dalam mengembangkan olahraga di Jember. “Saya apresiasi karena PAMI ini bisa berkoordinasi sangat baik dengan Pemkab Jember. Sehingga, kami dapat mengikuti perkembangan mereka, mendampingi dan mendukung sesuai kemampuan mereka,” tutur Faida. 

Ini merupakan kedua kalinya kontingen PAMI Jember dilepas oleh Faida dari pendopo, sebelum mengikuti kejuaraan nasional. Dalam event yang sama tahun lalu, Jember mengirimkan 37 atlet dan berhasil menyabet 36 medali, melebihi target 35 medali yang ditetapkan. Tahun ini, dengan jumlah atlet yang berkurang, kontingen PAMI Jember berani mematok target yang lebih tinggi, yakni 40 medali. “Saya yakin target bisa terlampaui. Mereka luar biasa, satu atlet bisa membagi diri (untuk ikut beberapa nomor sekaligus, Red) untuk mengejar target yang maksimal,” tutur Faida. 

Atlet tertua dalam kontingen Jember, Dul Wahid, 78 tahun, mengaku cukup bersemangat dan optimistis mampu meraih target di empat nomor yang dia ikuti. “Saya ikut loncat jauh, loncat tinggi, loncat jangkit, ditambah lempar lembing,” tutur purnawirawan berpangkat Peltu dengan jabatan terakhir Danramil Umbulsari ini. 

Untuk mengajar target tersebut, Dul Wahid mengaku sudah intensif berlatih selama 4 bulan terakhir di lapangan Brigif. “Selain itu, setiap hari saya juga berlatih di halaman rumah. Kebetulan dekat lapangan,” tutur Dul Wahid dengan semangat. 

Kejuaraan Atletik Master Solo Open tingkat nasional 2018 digelar di Stadion Sri Wedhari, Solo, Jawa Tengah pada 26-28 Juli 2018. Kontingen PAMI Jember mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan, yakni sebanyak 13 nomor. 

(jr/ad/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia