Selasa, 25 Sep 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

KUA-PPAS APBD 2019 Mulus

Rabu, 25 Jul 2018 20:45 | editor : Dzikri Abdi Setia

KUA-PPAS, APBD 2019, DPRD Jember, Pemkab Jember,

LANGSUNG SEPAKAT: Bupati Faida bersama pimpinan DPRD Jember menyepakati perencanaan KUA-PPAS APBD Jember 2019, pagi ini. (Bagus Supriadi/Radar Jember)

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika Kebijakan Umum Anggaran Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD biasanya dibahas cukup lama. Kali ini, KUAPPAS APBD Jember 2019 cukup mulus dibahas dan diteken bersama antara Bupati dan DPRD Jember.

Hal ini terlihat dalam rapat paripurna penandatanganan KUA-PPAS APBD 2019 yang dilakukan di gedung DPRD Jember, kemarin (27/7). Bupati Faida bersama dengan tiga pimpinan DPRD Jember menyepakati KUA-PPAS dengan nilai APBD 2019 sekitar Rp 3,62 Triliun. Selanjutnya, akan dilakukan pembahasan bersama anggota DPRD untuk APBD 2019.

Prosesnya juga cukup singkat dari Bupati Jember memasukkan ke DPRD Jember. Padahal, sebelumnya proses seperti ini butuh waktu yang menyita waktu. Jika menelisik APBD 2018 lalu sampai molor dan baru disepakati bersama sebulan setelah masuk tahun 2018. Tentu ini menjadi prestasi sendiri bagi Jember.

Usai sidang, Bupati Faida saat ditemui sejumlah wartawan mengaku memang lancar. “Sebenarnya kalau Pemkab Jember kemarin-kemarin memasukkan tepat waktu. Kebetulan kali ini pembahasan dan penetapannya juga tepat waktu,” ujar Faida singkat karena berburu waktu pesawat hendak perjalanan ke Surabaya. Pihaknya berharap untuk APBD 2019 yang sudah direncanakan jauh-jauh hari ini bisa optimal.

Sementara itu Ayub Junaidi, Wakil Ketua DPRD Jember mengakui untuk kali ini KUAPPAS APBD Jember 2019 pembahasannya berjalan lebih lancar. “Ini mungkin pelajaran dari dulu-dulu. Jadi eksekutif menatanya baik sejak awal,” jelas Ayub. Oleh karena itu, perencanaan dan asumsi yang dilakukan Pemkab Jember juga dinilai sudah baik.

Maka dari itu, untuk pembahasan yang dilakukan pihaknya juga tidak terlalu banyak. Maka untuk penetapan dan persetujuan juga tidak terlalu lama. Makanya karena sudah tidak ada perdebatan antara badan anggaran dan tim anggaran makanya KUA PPAS pun disepakati untuk dilanjutkan pembahasan APBD 2019. “Kalau sudah tidak ada yang diperdebatkan untuk apa lama-lama,” tuturnya.

Ayub mengatakan jika seperti ini, maka pembahasannya lebih mudah. “Semua sudah siap dan tidak terburu-buru waktu,” jelasnya. Apalagi, asumsinya baik itu pendapatan dan juga pengeluaran juga dinilai sudah baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Termasuk juga target Pemkab Jember mulai dari PDRB, inflasi, dan pengurangan tingkat kemiskinan juga baik.

Sementara itu, dalam KUAPPAS ini terungkap jika kekuatan APBD Jember 2019 cukup tinggi, yakni senilai Rp 3,62 triliun. Ini belum ditambah nantinya dengan sisa lebih penggunaan anggaran 2018 dari APBD 2018 yang tidak terserap tahun ini. “Ini sesuai dengan hasil pembahasan antara eksekutif dan legislatif pada 17 Juli 2018 kemarin,” ucap Ayub Junaidi, Wakil Ketua DPRD Jember yang memimpin rapat paripurna, kemarin.

Kekuatan anggaran APBD Jember 2019 yakni target pendapatan mencapai Rp 3,62 triliun. Pendapatan ini diperoleh dari pendapatan perimbangan senilai Rp 2,38 T. “Target pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 630,6 miliar,” papar Ayub dalam rapat. Ditambah dengan pendapatan lain-lain yang sah senilai Rp 611,4 miliar. 

Namun, dalam pendapatan ini juga ada nilai pembiayaan daerah yang direncanakan senilai Rp 172,7 miliar. Dengan demikian, pendapatan ini nantinya akan dimanfaatkan Pemkab Jember di tahun 2019 mendatang. Baik untuk pembiayaan rutin maupun pembangunan di Jember selama setahun ke depannya.

Perencanaan untuk belanja langsung senilai Rp 1,262 triliun. Sedangkan belanja tidak langsung Rp 1,06 triliun. Untuk belanja wajib pelayanan dasar senilai Rp 2,232 triliun dan belanja wajib nonpelayanan dasar Rp 256 miliar.

(jr/ram/gus/das/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia