Selasa, 25 Sep 2018
radarjember
icon featured
Rame-rame

Pemuda Jadi Sasaran Empuk

Rabu, 25 Jul 2018 10:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

FPPIP Jember, Pancasila,

Belakangan ini radikalisme menyerang masyarakat Indonesia. Kalangan yang paling banyak disasar adalah kalangan pelajar dan mahasiswa yang masih cenderung belum memegang ideologi Pancasila dengan kuat.

Berdasarkan data Badan Intelijen Negara (BIN), 39,9 persen pemuda di Indonesia sudah terpapar prinsip radikalisme. Urgensi inilah yang membuat FPPIP terus bergerak aktif dalam menyebarkan prinsip Pancasila kepada kalangan pemuda. Atas dasar tersebut, FPPIP berencana menggelar sarasehan dengan mengundang BEM perguruan tinggi negeri dan swasta di kawasan Jember dan sekitarnya.

Kalangan mahasiswa, kata Bambang, dinilai menjadi sasaran empuk penyebaran hoaks dan radikalisme. “Oleh karena itu, kami titip ke mahasiswa, khususnya BEM, untuk dapat disebarkan di lingkungannya,” ujarnya. Sementara untuk kalangan pelajar, pihaknya sudah berkoordinasi pada guru-guru sekolah khususnya di bidang Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila, untuk bisa menitipkan paham Pancasila pada para siswanya.

Mereka dipilih untuk menyosialisasikan gerakan ideologi Pancasila karena punya tanggung jawab transformasi nilai-nilai Pancasila. “Materi Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan tidak hanya sekadar tekstual, tetapi juga harus dibekali kontekstual, praktiknya seperti apa,” tegasnya. Agar masyarakat tak goyah dengan paham-paham radikal, FPPIP Jember siap mengawal gerakan pembumian Pancasila dan ideologi NKRI di kalangan masyarakat.

Selain itu, juga punya semangat untuk menempatkan Pancasila sebagai state of character (karakter bangsa).

(jr/lin/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia