Jumat, 21 Sep 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events

Gelar APS, Ini Dia Tumpeng Aneka Rasa dan Kreasi

Sabtu, 21 Jul 2018 19:13 | editor : Dzikri Abdi Setia

Lomba Tumpeng, Ambulu Pandhalungan Spektakuler, APS,

LEZAT : Lomba tumpeng dalam ajang Ambulu Pandhalungan Spektakuler (APS) di Ambulu (dwi siswanto/radar jember)

Nasi tumpeng menjadi makanan khas yang selalu disajikan setiap acara adat nan sakral. Bagaimana jika nasi yang berbentuk kerucut ini disajikan dari percampuran suku dan budaya di Jember. Maka, inilah yang sajikan lomba nasi tumpeng kreasi di Ambulu Pandalungan Spektaluler (APS).

Mau tahu bagaimana rasa tumpeng beragam kreasi tersebut. Datang saja langsung ke Dira Park, di Desa Pontang, Ambulu.
Bentuk nasi tumpeng yang disajikan dalam lomba tersebur begitu menggugah selwra. Ayam potong utuh pun disajikan menemani nasi berwarna kuning tersebut. Bahkan ada juga nasi tumpeng dibalut sea food. Lantas bagaimana rasa nasi tumpeng sea food ini.

Hmm..pasti membuat siapa saja ingin mencicipi. Dewan juri dari gabungan organisasi wanita di Ambulu, Siti Alifah, dalam penjurian lomba kreasi nasi tumpeng mengatakan, untuk penilaian ini dari cita ras, keunikan, kreatifitas, kebersihan, dan kesesuaian tema. Tak kalah penting adalah bahan tumpeng alami terutama warnanya. “Warnanya kreatif ada yang dari rumput laut,” paparnya.

Tumpeng dalam lomba tersebut juga ada tumpeng bahari. Artinya segala potensi dari segala daerah itu bisa dikreasikan jadi nasi yanh sering dipakai acara adat tersebut.

Ketua Panitia APS Yeri Arintoko Aji mengatakan, acara APS ini ingin mengali potensi dari masyarakat Jember yang punya budaya pandalungan. Artinya campuran dari Madura dan Jawa, karena rata-rata masyarakat jember dari dua suku tersebut yang menyatu dengan harmonis.

(jr/dwi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia