Selasa, 25 Sep 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events

Belasan UMKM Siap Support

Dalam Ambulu Pandhalungan Spektakuler

Rabu, 11 Jul 2018 16:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Ambulu Pandhalungan Spektakuler,

Kegiatan Ambulu Pandhalungan Spektakuler yang akan digelar Jawa Pos Radar Jember terus mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Bukan hanya dari kalangan seniman, namun para pengusaha juga siap untuk memeriahkan acara seni terbesar tahun ini di Jember. Salah satunya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Ambulu.

Komitmen ini disampaikan oleh para pelaku UMKM ini saat bertemu dengan Camat Ambulu Sutarman, kemarin malam (8/7). “Ada belasan UMKM yang siap untuk mendukung kegiatan Ambulu Pandhalungan Spektakuler pada 21 Juli 2018 nanti,” ucap Sutarman, Camat Ambulu, kemarin.

Pihaknya mengaku, UMKM malah sangat antusias untuk bisa memberikan dukungan penuh memeriahkan kegiatan tersebut. Mereka bukan hanya ingin berpartisipasi dalam bazar saja, namun juga siap untuk membantu suksesnya acara tersebut. “Mereka sudah komitmen. Karena ini salah satu ajang bagi para UMKM di Ambulu untuk bisa berkembang,” jelas Sutarman.

Pasalnya, ini menjadi kesempatan bagi UMKM di Ambulu untuk ikut serta, mengenalkan serta mempromosikan produk-produk mereka kepada masyarakat. Apalagi, kegiatan ini skalanya bukan hanya untuk masyarakat Ambulu saja, namun seluruh Kabupaten Jember, bahkan juga ada undangan dari luar daerah.

Dengan demikian, kesempatan langka ini tentu tidak akan mereka sia-siakan untuk bisa memberikan yang terbaik dari Kecamatan Ambulu. Diakui Sutarman, UMKM yang sudah berkomitmen ini cukup banyak, salah satunya dari Komunitas Ambulu Kreatif. Produk yang akan ditampilkan juga cukup berkelas dan sudah terjamin kualitasnya.

“Ada batik, kerajinan, serta berbagai macam kuliner yang cukup dikenal di Ambulu,” jelasnya. Dirinya mengatakan, bukan tidak mungkin, ke depan pelaku UMKM ini akan semakin banyak yang akan berkomitmen untuk mengikuti kegiatan yang memadukan antara kegiatan seni dan bazar modern sekaligus.

Ke depan, pihaknya berharap UMKM di Jember dapat semakin mandiri dan melaksanakan kegiatan serupa. Dengan demikian, produk mereka semakin dikenal, serta tujuan kesejahteraan masyarakat juga terangkat.

Sementara itu, Yerri Aji, Ketua Panitia kegiatan Ambulu Pandhalungan Spektakuler menuturkan, festival yang malam puncaknya diadakan pada 21 Juli 2018 ini diyakini akan berbeda dengan kegiatan festival lainnya. “Kami akan membuat konsep acara seni yang berkualitas,” ucap Yerri.

Dalam kegiatan itu, suguhan utamanya yakni Festival Pandhalungan yang akan diikuti oleh ratusan talent dari berbagai sanggar. “Ada kesenian tradisional seperti tari, drama kolosal. Juga ada kesenian Reog yang mau tampil,” jelasnya. Selain itu, dalam kegiatan itu ada expo serta pameran produk dari UMKM dan sejumlah pengusaha di Jember.

Menariknya, juga akan ada kegiatan festival tumpeng yang diikuti oleh puluhan peserta. Serta ada kegiatan senam lansia untuk menghebohkan suasana. Oleh karena itu, akan sangat rugi bagi masyarakat yang melewatkan kegiatan ini.

(jr/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia