Minggu, 19 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Yasinat Borong Piala Festival Quran

Kamis, 14 Jun 2018 16:30 | editor : Dzikri Abdi Setia

festival Alquran,

BERSYUKUR: Choirul Anam (pegang piala) bersama orang tuan dan keluarganya usai menerima hadiah utama festival Alquran (Hamid for Radar Jember)

Pondok Pesantren (Ponpes) Yasinat, Kecamatan Wuluhan, kembali memborong Piala Festival Alquran  ke 13 yang berlangsung di Masjid Roudhotul Muchlisin, Kaliwates, Senin malam kemarin. Dari 18 finalis kategori 10 juz, 20 juz, dan 30 juz, Yasinat berhasil meraih lima piala, sekaligus memenangkan hadiah utama umroh, bagi juara satu hafalan 30 juz.

Menurut KH Imam Baghowi B, pengasuh Ponpes Yasinat, keberhasilan santrinya tahfidnya dalam ferstival tahunan tersebut, tak lain karena kesungguhan para santri dalam berlomba. “Apalagi kami memang yang memelopori trdaisi festival Alquran 13 tahun lalu,” ujarnya, usai lomba.

Kelima jauara tersebut adalah Choirul Anam, Lana Nur Aulia, Sofyan Tsauri, Nur Kholifah (semuanya kategori 30 juz), dan Zulfa Iklilatul M (20 juz). Bahkn Choirul Anan, berhak mendapat hadiah utama berupa umroh, dari salah seorang pengelola KBIH di Jember. “Ini benar-benar berkah bulan suci Ramadan,” tutur Anam, panggilam akrabnya, usai menerima piala. 

Sebaliknya, Ponpes Ibnu Katsir (Ibka) yang biasanya mendominasi kejuaraan fertival tersebut, kali ini agak “paceklik”. Mereka hanya menampatkan tiga finalis masing-masing dari kategori 10 juz (Irgi Ahmad Fachrezy), dan kategori 20 juz ( Moh. Afif Zen dan Nizam Alwi). Selain karena faktor usia yang melebihi ketentuan, ketertinggalan santri Ibka tersebut, karena banyak yang pulang kampung.

Meski demikian, kata Fachrurozi,MHi,  ketua dewan hakim, secara keseluruhan festival tahun jauh lebih meningkat dan berkualitas. Selain jumlah pesertanya meningkat jauh, hingga 105 orang, juga merasa di banyak pesantren. Termasuk dari Ponpes Syarifudin, Wonorejo, Lumajang, yang berhasil menempatkan dua finalisnya, (Moh. Nashih dan Sofiyatut Darochah). 

Festival tahunan ini, kata Fachrurozi, dikawal oleh Radio Prosalina, bekerjasama dengan Perusahaan Seven Dream, dan Masjid Raoudhotul Muchlisin, termasuk PP Al-Qodiri, Gebang. “Kami akan selalu menyuport kegiatan ini,” ujar Tri Sandi Apriana, manajer Seven Dream Group. 

(jr/sh/lin/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia