Jumat, 17 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Siapkan Pijat Elektrik bagi Pemudik

Rabu, 13 Jun 2018 09:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

PMI Jember, Mudik Lebaran,

Pemudik ketika memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh PMI Jember. (PMI FOR RADAR JEMBER)

Ketua PMI Jember EA Zaenal Marzuki turun langsung memantau tiga posko Lebaran PMI. Terutama dua posko Lebaran yang berada di jalur utama pemudik yang menghubungkan jalur Surabaya- Banyuwangi. Pertama, posko Lebaran di Pos PPGD Jubung, yang kedua posko Lebaran di Desa Sumberjati, Kecamatan Silo. Satu posko Lebaran di UTD PMI yang memang standby setiap saat. Pos layanan mudik Lebaran PMI mulai 9 sampai 23 Juni 2018. 

Ketua PMI Jember EA Zaenal Marzuki memberikan motivasi kepada 35 relawan yang standby di posko Lebaran. Agar relawan tetap semangat melayani pemudik yang mampir untuk istirahat atau karena kurang sehat. Termasuk memberikan bantuan pertolongan pertama langsung jika ada korban kecelakaan. Selain Ketua PMI, pengurus PMI secara berkala ikut terjun ke dua posko Lebaran tersebut. 

“Kami harap para relawan yang berada di dua posko Lebaran PMI, termasuk yang di UTD PMI untuk senantiasa bersemangat. Mereka bertugas demi kemanusiaan,” ungkap Zaenal. Apalagi, tugas mulia para relawan benar-benar dibutuhkan masyarakat yang sedang mudik. 

Dari pengamatan Zaenal, posko Lebaran PMI sering menjadi jujugan pemudik yang lewat. “Saya lihat masyarakat pemudik terbantu dengan keberadaan posko Lebaran PMI. Buktinya, banyak yang datang ke posko Lebaran,” imbuhnya. Apalagi, di posko ada alat terapi pemijat yang berguna untuk relaksasi bagi pengemudi. 

“Tidak hanya istirahat, mereka bisa mendapatkan layanan terapi pijatan agar lebih bugar saat melanjutkan perjalanan kembali,” terangnya. Selain itu, posko Lebaran PMI juga menyediakan obat-obatan ringan seperti minyak angin, dll. 

Dia menjelaskan PMI selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. “Fungsi utama PMI dalam momentum Idul Fitri 1439 H adalah membuka posko kesiapsiagaan pelayanan pertolongan pertama para pemudik Lebaran,” imbuhnya. 

(jr/ad/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia