Senin, 20 Aug 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Penumpang Pesawat Mulai Ramai

Selasa, 12 Jun 2018 11:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

mudik lebaran, pesawat, bandara notohadinegoro,

Meski sempat sepi penumpang di awal-awal bulan Ramadan, namun sejak kemarin, pesawat mulai ramai penumpang. Bahkan, hampir tak ada kursi pesawat kosong di Jember.

Seperti yang disampaikan Kepala Garuda Indonesia Perwakilan Jember Heru Joko Satria bahwa penumpang Surabaya-Jember sudah berhasil menembus 98 persen penumpang. Artinya, hanya ada satu kursi saja yang tanpa penumpang. “Kondisi libur yang sebelumnya sepi, tapi sebenarnya di Jember meningkat,” akunya, Minggu (10/6) kemarin.

Puncak penumpang pesawat di Jember akan terus naik sampai akhir mudik yang ditetapkan hingga tanggal 15 Juni 2018. Pun demikian di arus balik, Heru juga optimistis penumpang pesawat bakal terus ramai hingga tanggal 25 Juni 2018 mendatang.

Dia mengakui, ada beberapa info hoaks yang menyebutkan bahwa harga tiket pesawat Garuda tiba-tiba naik sepihak menjelang Lebaran. “Tidak ada kenaikan tarif. Kami sudah memiliki acuan tarif batas bawah dan atas,” ungkapnya.

Menurut Heru, semua maskapai penerbangan sudah memiliki sistem berbasis daring. Sifatnya pun terbuka. Sehingga, tidak akan bisa main-main harga, di sistem yang sejatinya semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jember Isman Sutomo menegaskan, sejatinya tidak hanya Garuda Indonesia yang mengalami lonjakan penumpang. Sebab, informasi yang diterimanya, Wings Air juga tak kalah ramainya.

Menyikapi ramainya penumpang pesawat di musim Lebaran, Dishub Jember sudah berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk perwakilan Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, serta Polres Jember. Mereka, akan menjaga objek vital tersebut dengan jaminan keamanan kelas wahid. 

(jr/jum/rul/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia