Rabu, 22 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Dana THR Pensiunan Capai Rp 7,7 M

Selasa, 12 Jun 2018 10:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

THR Pensiunan,

HITUNG UANG: Suhartini (berkerudung) bersama Endang pensiunan PT Pos Indonesia mengambil THR di Kantor Pos Alun-Alun, kemarin (9/6). (dwi siswanto/radar jember)

Kebijakan pemberian tunjangan hari raya (THR) ke pegawai negeri sipil (PNS) juga berkah tersendiri bagi pensiunan. Bertahun-tahun berhenti tugas sebagai pengabdi negara mereka mendapatkan THR. Totalnya hingga Rp 7,7 miliar

Endang dan Suhartini datang bersama-sama di Kantor PT Pos Alun-Alun, Sabtu (9/6). Diantar dengan mobil Avanza silver mereka begitu semringah di Lebaran tahun ini punya uang lebih. Dapat THR dapat uang pensiunan pula. 

Tak hanya Endang dan Suhartini yang bahagia, Rebo purnawirawan TNI AD juga senang. Pria 65 tahun yang datang sendirian dengan motor bebek itu dapat THR senilai Rp 2,3 juta. Purnatugas Rebo memang mengandalkan gaji pensiunan saja, tidak ada pekerjaan lain. “Tidak ada pekerjaan lagi, juga tidak ada usaha,” ucap pria kelahiran Ngawi ini.

Juru Bayar Pensiunan Taspen Kartini Dwi Hariyani mengatakan, untuk pengambilan uang THR bagi pensiun ini ada dua. Pensiunan PNS dan TNI Polri. Untuk total pensiunan PNS, TNI, dan Polri ini ada 4.678 orang. “Pensiunan sipil ini 3.669 dan TNI-Polri ada 1.009,” ujarnya.

Alumnus Fisip Unej ini menjelaskan, jumlah tersebut bisa jadi bertambah. Sebab, pensiunan luar kota juga boleh ambil di Jember. “Jumlah itu khusus pensiunan dari Jember saja,” katanya.

Sementara total anggaran yang disiapkan untuk THR pensiunan PNS, Polri, dan TNI se-Jember ini capai sekitar Rp 7,7 miliar. Di antaranya untuk TNI Polri Rp 1.909.632.300, jumlah tersebut juga lebih besar dari pensiunan PNS dengan total Rp 5.881.736.200.  

Besaran THR yang diterima nilainya adalah satu kali gaji dan dipotong dua persen untuk beras. Nilai THR setiap pensiun pun juga berbeda-beda. “Paling rendah itu ada sekitar Rp 600 ribu. Tertinggi Rp 3 jutaan, tapi rata-rata ini Rp 1,6 juta,” imbuhnya.

Sejak bergulirnya penerimaan THR bagi pensiunan, kantor PT Pos langsung ramai pada hari pertama 5 Juni kemarin. Hingga saat ini 90 persen pensiunan telah mengambil. “Terakhir pengambilan THR ini 14 Juni,” pungkasnya

(jr/dwi/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia