Rabu, 22 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

KPU Ngetes Server Situng

Senin, 11 Jun 2018 20:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

kpu bondowoso, pilkada bondowoso, situng,

BERLATIH: Inilah salah satu proses unggah Situng. Seluruh KPU diminta untuk melakukan pengunggahan bersama-sama untuk mengetes server di KPU RI. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Bukan hanya di Lumajang, di Bondowoso pun dilakukan kegiatan serupa. Bahkan, KPU Bondowoso pekan ini mencoba server Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Hal itu untuk mengukur kekuatan server jika seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada mengunggah Situng secara bersamaan.

Saparullah, petugas bagian Situng KPU Bondowoso mengatakan, pihaknya diminta KPU pusat untuk melakukan percobaan beberapa kali. Pertama diminta 75 TPS baik pilgub maupun pilbup. Percobaan secara serentak itu dilakukan bertahap. Sebab, awalnya hanya 75 TPS, kini meningkat sampai 332 TPS. “Jadi, ini untuk ngetes kemampuan server,” terangnya.

Saat hari pelaksanaan pencoblosan, seluruh petugas di setiap daerah melakukan unggah data ke Situng. Oleh karenanya, dalam Pilkada serentak 27 Juni 2018 ini, ada 171 daerah yang melaksanakan pilkada, baik pilgub maupun pilbup. Maka dari itu, dibutuhkan server yang kuat agar tidak ngadat. 

Dijelaskan, percobaan itu dilakukan dalam bentuk scan C1 dan entri data C1. Waktunya ditentukan bersama-sama. Ini untuk mencoba server KPU RI. “Tidak ada kesulitan, hanya ketika nanti PPK terlambat melakukan, pengiriman akan molor,” ujarnya. Sampai percobaan ketiga, tidak ada kendala server. 

Perlu diketahui, KPU Bondowoso telah melaksanakan bimtek pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) bersama PPK-PPS. Bimtek ini di bagi di beberapa titik. Bagi PPK dan PPS terdekat, disatukan untuk melakukan bimtek. Pelaksanaan tungsura dan rekapitulasi harus benar-benar cermat, betul-betul dikawal, sehingga  rekap di KPPS benar-benar akurat, dan tentunya akan mempermudah proses rekap selanjutnya. 

Prosesnya, KPU melakukan bimtek PPK. Selanjutnya, PPK dan PPS. Kemudian, mereka berkewajiban melakukan bimtek KPPS. Sehingga, dalam bimtek harus benar-benar diperhatikan. Sebab, dalam proses penghitungan suara, KPPS adalah tingkat terbawah, dan petugasnya harus benar-benar mengerti.

Dalam bimtek, PPK dan PPS diberi simulasi pengisian form C dan C1 KWK yang di bimbing langsung oleh tim operator Situng Kabupaten Bondowoso. 

(jr/hud/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia