Minggu, 19 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Perbaikan Jalur Mudik Dikebut

Sabtu, 09 Jun 2018 18:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Perbaikan Jalan, DPU,

BEBAS LUBANG: Perbaikan ruas jalan Jenggawah-Ambulu telah selesai. Perbaikan jalan milik pemerintah provinsi di Jember ini ditargetkan tuntas H-7 Lebaran. (MAHRUS SHOLIH/RADAR JEMBER)

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Binamarga Jawa Timur menargetkan perbaikan jalur mudik di wilayah selatan Jember tuntas sepekan sebelum Lebaran. Sejauh ini, perbaikan itu terus dikebut agar target H-7 Idul Fitri bisa selesai. Karena pemerintah berharap, jalur tersebut dapat dilalui para pemudik dengan nyaman. 

Bagian Pemeliharaan Jalan UPT DPU Bina Marga Jawa Timur di Jember Miskandar mengatakan, sebenarnya perbaikan jalan itu tak hanya dilakukan menjelang hari raya saja, melainkan juga dilakukan jauh sebelumnya sejak awal tahun anggaran. Namun dalam momen menjelang Lebaran ini, pengerjaannya lebih diintensifkan. “Harapannya agar tak mengganggu arus mudik yang biasanya dimulai H-7 Idul Fitri nanti,” katanya, saat ditemui kemarin. 

Miskandar menargetkan, pada saat Lebaran nanti kondisi jalan milik pemerintah provinsi di Jember sudah zero dari lubang. Sebab secara bertahap, sejak Januari lalu pihaknya sudah melakukan penambalan  lubang, sehingga saat ini hanya melanjutkan pekerjaan yang telah dimulai sebelumnya. “Jadi ini sifatnya pekerjaan rutin perawatan jalan,” ujarnya.

Selain melakukan penambalan, DPU Bina Marga Jatim juga melakukan sejumlah perbaikan dan pelebaran jalan. Menurutnya, ada sejumlah ruas jalan yang saat ini menjadi titik perbaikan. Di antaranya adalah jalan Ambulu-Mangli, jalan Balung-Ambulu, jalur Kasiyan-Puger, serta jalur yang menghubungkan Puger-Kencong. 

Namun, sambung Miskandar, perbaikan yang dilakukan hanya di beberapa titik saja dan tidak secara total atau menyeluruh. “Untuk jalur Ambulu–Mangli pengerjaannya sudah selesai. Sampai Balung juga sudah selesai. Sedangkan yang lain hingga kini masih terus dikerjakan,” terangnya.

Miskandar menambahkan, perbaikan dan pelebaran jalan kali ini memang difokuskan untuk wilayah Jember Selatan. Sebab menurut dia, sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut kondisinya memang rusak. Misalnya jalur Puger-Kencong yang melewati Mlokorejo. Di jalur ini, jalan provinsi itu kondisinya tak hanya berlubang melainkan juga bergelombang. 

Untuk itu, perbaikan yang dilakukan tak hanya pada perawatan, melainkan juga pengupasan jalan untuk mengganti struktur bangunan jalan yang rusak dengan material yang baru. Selain itu, di beberapa ruas juga dilakukan pelebaran. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya kepadatan arus kendaraan, utamanya saat mudik Lebaran nanti. “Untuk pelebarannya setiap jalur ditambah satu meter di kanan dan kiri jalan menggunakan beton. Biar lebih kokoh,” tandasnya. 

(jr/jum/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia