Rabu, 22 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Dampingi Warga Miskin di Bidang Hukum

Jumat, 08 Jun 2018 11:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

LKBHI, IAIN,

PENDAMPINGAN: Para pengurus LKBHI siap mendampingi warga miskin yang terlibat kasus hukum. (Martoyo for Radar Jember)

Warga yang memiliki permasalahan hukum tak perlu resah untuk menuntaskan kasusnya. Sebab Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) Fakultas Syariah IAIN Jember siap mendampingi dari proses awal hingga selesai secara gratis.

Direktur LKBHI Martoyo mengatakan, lembaga tersebut berdiri pada 2002 silam. Beberapa pendampingan sudah dilakukan sejak saat itu. “Sudah 16 tahun mengabdikan diri pada masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan LKBHI Fakultas Syariah IAIN Jember selalu siap dalam memberikan bantuan hukum pada warga miskin. Sebab, banyak masyarakat yang mengalami kasus, namun tidak bisa melanjutkan karena ketidakmampuan. “Dalam pikiran mereka, menyewa advokat itu mahal,” tuturnya.  

Untuk itulah, LKBHI mencoba memberikan bantuan pada mereka. Pada 2016 lalu, ada 59 perkara yang dibantu. Kemudian, 2017 sebanyak 65 kasus warga miskin yang didampingi. “Pada 2018 masih 30 perkara sampai sekarang,” imbuhnya.

Dosen Fakultas Syariah IAIN Jember itu menambahkan, selain litigasi, programnya juga non litigasi. Yakni memberikan sosialisasi pada masyarakat luas, kemudian memberikan penyuluhan. “Ada 26 kegiatan non litigasi selama 2018,” tambahnya. 

Lembaga yang dipimpinnya tersebut sudah melakukan kerja sama dengan berbagai instansi.  Seperti Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri se Eks Karesidenan Besuki. Kemudian Pemkab Jember dan Lapas Jember. 

“Warga di luar Jember juga bisa mendapatkan bantuan hukum dari kami,” tambahnya. LKBHI memiliki sepuluh advokat dan 10 orang para legal. Para alumni IAIN Jember juga aktif dalam wadah organisasi tersebut. 

Bahkan, Mei 2018 lalu, LKBHI IAIN Jember dikategorikan sebagai organisasi bantuan hukum (OBH) paling aktif se Jawa Timur dalam melakukan bantuan hukum oleh Kanwil Kemenkunham Jawa Timur. 

(jr/gus/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia