Jumat, 17 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

THR ASN Siap Cair

Bupati dan Anggota Dewan Juga Dapat

Kamis, 07 Jun 2018 20:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

THR, Gaji 13, ASN Jember,

Bupati Jember, Faida (dokumen radar jember)

Sejumlah daerah galau atas terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, tidak dengan Pemkab Jember. Sebab, sejak tahun lalu, Pemkab Jember sudah memberi THR.

Saat diwawancarai Jawa Pos Radar Jember, Bupati Faida menegaskan tidak ada masalah terkait THR untuk aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Jember. Bahkan, kata Faida, anggota DPRD Jember juga bakal menerima THR satu kali gaji. “THR tidak ada masalah. Bisa diberikan dengan baik,” akunya, Rabu (6/6) pagi. 

Memang, kata Faida, ada beberapa perubahan perhitungan anggaran gaji di P-APBD. Tetapi, secara jumlah, Pemkab Jember mampu memberi THR sesuai ketentuan. “Kalau Pemkab Jember itu, apa yang diperintahkan presiden siap laksanakan,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir Mirfano memastikan akan ada 13.845 ASN Pemkab Jember yang bakal menerima THR. Jika dikalkulasi, duit yang bakal disalurkan mencapai Rp 59,8 miliar. “Semula diperkirakan Rp 62 miliar. Namun, setelah menghitung ulang keseluruhan, ternyata butuh dana Rp 59,8 miliar,” ungkapnya

Penerima THR yang bersumber duit APBD Jember bukan hanya ASN. Sebab, 50 anggota DPRD Jember juga berhak. Dia pun memastikan, THR pemkab akan segera cair setelah Bank Jatim mentransfer dana ke rekening masing-masing penerima.

Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Jember, juga bakal menerima THR yang hitungannya sama dengan anggota dewan. Dihitung meliputi gaji pokok atau uang representasi, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Terlebih, kata Mirfano, untuk duit puluhan miliar tersebut, sudah terbit surat perintah pencairan dana (SP2D) yang dikirim Bendahara Umum Daerah Kabupaten Jember ke Bank Jatim, Selasa (5/6) kemarin. Sehingga, ASN dan dewan tinggal menunggu transfer di rekening bank. “Bank Jatim memprosesnya dengan sistem Payrol,” jelasnya.

Soal besarnya THR yang diberikan kepada ASN tersebut, berupa gaji pokok dan tunjangan sesuai dengan amanat pemerintah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, beberapa waktu lalu.

(jr/rul/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia