Minggu, 19 Aug 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Surat Suara Pilbup Rusak 12.777 Lembar

Kamis, 07 Jun 2018 15:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

KPU Bondowoso, Pilkada Bondowoso, Surat Suara Rusak,

RUSAK: Komisioner KPU Amiruddin Makruf saat menunjukkan surat suara pilgub yang rusak, sehingga tidak bisa digunakan untuk pemungutan suara 23 Juni 2018. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) sudah siap. Dari yang awalnya kurang, sudah digenapi pihak ketiga. Hanya saja, saat ini KPUD Bondowoso masih menunggu pengiriman kekurangan surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub). Sebab, saat disortir masih ada kekurangan sebanyak 12.777 kertas suara.

Seperti disampaikan Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Bondowoso Amiruddin Makruf. Dia mengatakan, kekurangan surat suara untuk Pilgub itu masih diajukan. Ada kekurangan sebanyak 12.777 kertas suara. Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.009 surat suara diketahui rusak saat di sortir. “Rusak itu karena sobek, mengkerut, dan terkena tinta,” jelasnya.

Jumlah kekurangan yang lumayan banyak itu akan kembali dicetak oleh pihak ketiga yang ditunjuk KPU Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, setelah dikirim akan disimpan ke gudang KPU Bondowoso. Sebab, surat suara ini masih belum dilakukan tahapan pendistribusian. Rencananya surat suara ini akan didistribusikan setelah Lebaran mendatang.

Sementara untuk surat suara pilbup, seluruhnya sudah selesai. Saat ini sudah tersimpan di Gudang KPU depan SMKN 5 Kembang. Gudang ini dijaga ketat aparat kepolisian dan satpol PP. Khusus untuk pilbup, saat disortir hanya ada 276 kertas suara yang rusak. Namun, saat itu pihak rekanan masih 2.908 kertas suara yang kurang. “Saat ini sudah dikirim semuanya dan sudah lengkap, tinggal menunggu yang pilgub,” terangnya.

Perlu diketahui, selama proses pelipatan dan penyortiran, KPU Bondowoso melibatkan masyarakat umum. Untuk pelipatan kertas suara pilgub, per lembarnya Rp 150 dan untuk pilbup Rp 103 per lembar. 

(jr/hud/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia