Selasa, 25 Sep 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Jelang Lebaran, Jalan Makin Mulus

Rabu, 23 May 2018 17:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Aspal Jalan Bondowoso,

UNTUK LEBARAN: Akses jalan Bondowoso-Tamanan mendapat perhatian. Lebaran, jalan poros dipastikan akan mulus. Pembangunan ada yang APBD ada yang non-APBD. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Menjelang purnatugas, Bupati Bondowoso Amin Said Husni kian gencar mempermulus jalan-jalan utama. Banyak jalan kini makin mulus setelah mendapatkan perbaikan. Salah satunya jalan dari Bondowoso-Tamanan. Beberapa titik jalan yang rusak sudah mendapatkan perbaikan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karna Suswandi mengatakan, salah satu fokus pemerintah adalah pembangunan akses jalan. Pembangunan ada dua hal, pembangunan jalan yang belum dibangun sama sekali dan pembangunan jalan perbaikan. “Untuk jalur ke Tamanan, ada yang dari APBD, ada yang dari trial AMP,” terangnya. Seperti di titik Desa Pejagan, Jambesari Darussolah dan Desa Kejawan, Grujugan. 

Kedua titik ini mendapat sentuhan pembangunan dari trial penyedia Asphalt Mixing Plant (APM). Untuk titik di Desa Pejagan, Jambesari Darussolah, jalur itu dibenahi dari trial AMP PT Sunan Muria. Sedangkan pada titik jalan Desa Kejawan mendapatkan program trial dari PT Bumi Karya Pembangunan. Trial ini selain untuk mengetes kualitas aspal, juga bisa menambah panjang pembangunan jalan. Selain itu, menghemat APBD.

Dijelaskannya, trial untuk PT Sunan Muria ini bisa menghemat ratusan juta rupiah. Secara prosedur, para AMP harus melakukan trial untuk menguji aspal yang akan dipakai membangun jalan di Bondowoso. “Ini untuk uji coba, titiknya di Pejagan dan Kantor Brimob Tenggarang,” terangnya. Karena trial, pembangunan itu tidak memakai APBD.

Pria yang kini juga menjabat Plt Sekda Bondowoso ini menegaskan, dipilihnya jalan Pejagan-Tamanan tersebut karena dinilai rusak cukup parah. Sehingga, dengan menjadi lokasi uji coba, maka juga bisa membantu pemerintah daerah, yang tanpa menggunakan anggaran, tetapi bisa memperbaiki jalan. Selain itu, untuk keseluruhan jalan ke Tamanan, memang ada sebagian jalan yang mendapat pembangunan dari APBD. “Ini untuk juga menjamin kelancaran jalan saat Lebaran nanti,” tegasnya. 

Ditambahkan, fokus pemerintah adalah membangun jalur ke berbagai titik objek wisata. Tahun ini, ada banyak program pembangunan jalan. Salah satu fokusnya adalah jalur menuju objek wisata. “Ketika jalurnya bagus, maka orang tidak segan untuk menuju tempat wisata tersebut. Seperti ke Kawah Wurung dan ke Ijen yang sudah mendapatkan sentuhan. Saat ini banyak yang ke sana,” tegasnya. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia